Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

SBY Jenguk Pengungsi Sinabung!


"PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mangkir dari acara internasional di Davos, Swiss, demi menjenguk pengungsi korban letusan Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara!" ujar Umar. "Itu baru pemimpin baik, demi melihat nasib rakyatnya yang tertimpa musibah tak sungkan mengesampingkan acara lain!" tegas Amir. 

"Meski sudah tiga bulan korban letusan Sinabung mengungsi SBY baru datang bukan masalah, karena tak ada kata terlambat untuk berbuat baik!" "Kehadiran Kepala Negara di tengah para pengungsi Sinabung memang dibutuhkan untuk memberikan kehangatan perasaan dari mendapat perhatian pemimpinnya! 

Kehangatan yang diharapkan mampu menaklukkan kebekuan udara Tanah Karo yang tak kalah dingin dari Dago, pucuk Kota Bandung!" ujar Umar. "Kehangatan itu lebih terasa lagi dengan SBY menginap dan tidur di tenda bersama pengungsi!"

"Mungkin ini pertama kali Presiden RI menginap dan tidur bersama pengungsi dalam tenda pengungsian!" timpal Amir. "Sebelumnya, di Yogyakarta saat menjenguk pengungsi letusan Gunung Merapi, SBY menginap di Wisma Negara!" 

"Kehangatan yang dibawa SBY dengan keakraban itu bukan terbatas di Brastagi dan sekitar Kabanjahe!" tegas Umar. "Tapi juga merebak ke seantero negeri, terutama menekan gejala sosiohipotermia pada kalangan politikus dan pejabat, yang cenderung bersikap dingin sekali terhadap nasib malang rakyat korban bencana alam sehingga tak peduli dan membiarkan saja kedinginan berkepanjangan di tenda pengungsian yang kondisinya darurat! 

Termasuk ketika para korban kekurangan kebutuhan penyangga hidup, baik pangan maupun obat-obatan!" "Contoh baik dan teladan dari pemimpin untuk memberi perhatian cukup kepada rakyat yang sedang tertimpa musibah bencana sedemikian jelas penting!" timpal Amir. 

"Lebih-lebih karena selama ini acap disebutkan terjadinya dekadensi moral di kalangan pejabat dan politikus, terutama terkait budaya korupsi, akibat kurangnya contoh dan teladan dari pemimpin!" 

"Agak terlambatnya SBY menjenguk pengungsi Sinabung ternyata membawa hikmah, yakni kemudian dibayar dengan kunjungan yang lebih akrab, menginap di tenda pengungsi!" tegas Umar. 

"Meski demikian, kepada di antara 28 ribu jiwa lebih pengungsi Sinabung di 42 lokasi yang tak bisa bertemu muka langsung dengan Presiden SBY diharap tak kecewa, dianggap telah diwakili oleh saudara-saudara yang tempat pengungsiannya dikunjungi Presiden! Mejuah-juah!" ***

0 komentar: