Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Gayus Tambunan Sang Primadona!


"GAYUS Tambunan benar-benar jadi primadona! Pers nasional, televisi dan koran, dalam beberapa hari terakhir ini sepenuhnya dia kuasai!" ujar Umar. "Apa dengan begitu ia tak malah jadi idola--seperti layaknya selebritas yang bagi massa sering tak jadi masalah hitam-putih tokohnya?"

"Sebagai primadona tayangan media massa, tidak mustahil Gayus dijadikan idola! Lebih-lebih nanti, ketika dia punya nyali untuk membuka jaringan mafia pajak!" sambut Amir. "Pada saat itu nanti, tak beda dengan citra Susno, setelah membuka jaringan makelar kasus (markus) citranya jadi positif! Tentu tak semua orang bisa menerima kenyataan itu, tapi jika dilihat dari kepentingan publik yang lebih luas, dalam hal ini tersingkapnya jaringan mafia hukum dan markus, tanpa adanya tokoh Susno--kemudian Gayus--masih mustahil sistem yang menyelubunginya bisa tersingkap!"



"Berarti, hanya kalangan yang merasa rugi sistem yang menyelubungi kejahatan itu jebol yang masih menganggap Susno pengkhianat, atau Gayus sekadar pencoleng!" tukas Umar. "Padahal, Gayus hanya sebuah 'pion', jika ia dikawal baik hingga bisa merobohkan 'queen' atau 'benteng', ia tak lagi sekadar pencoleng! Ketika dalam kesaksiannya ia bisa menumbangkan buah-buah catur besar di Ditjen Pajak, hak istimewa dalam perlindungan saksi jadi miliknya! Di negara maju, selain keringanan hukuman atas keterlibatannya dalam suatu mafia, 'pion' seperti itu bisa dapat jaminan masa depan dengan penggantian identitas dan tempat hidup baru yang jauh dari jangkauan balas dendam mafia yang ia bongkar!"

"Artinya, posisi Gayus sebagai saksi kunci untuk menjaring ikan-ikan yang jauh lebih besar, oleh penegak hukum harus diperlakukan sebagai the golden boy--diprioritaskan pengamanan diri dan keluarganya, agar usaha mengorek keterangan dari Gayus bisa maksimal! Dengan itu, seluruh jaringan mafia pajak bisa digulung tuntas!" timpal Amir. "Seiring itu, janji Susno membuka brankas kasus-kasus mafia jajaran penegak hukum juga difasilitasi tim independen yang berintikan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum unit kerja presiden--setelah blessing in disguise--keberuntungan terselubung--dari nyanyian Susno sebelumnya!"

"Jalan untuk itu terbuka dengan telah adanya UU Perlindungan Saksi, didukung tekad Kementerian Keuangan membersihkan lingkungannya setelah kebobolan kasus Gayus!" tegas Umar. "Juga, oleh kemauan keras Satgas Mafia Hukum memperbaiki kinerjanya, tidak ewuh pakewuh lagi hingga cuma menyerahkan penyelesaian kasus mafia hukum kepada pimpinan instansinya!"

0 komentar: