Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Paket Supernatural, Sejenis Komoditas dalam Globalisasi!


"MESKI dikecam Monsignor Franco Perazzolo dari Dewan Pontifical (fatwa) Vatikan untuk Budaya sebagai film remaja yang berbahaya dengan penyimpangan moral tiada tara (www.telegraph.co.uk, [20-11-2009]), film Twilight: New Moon terpilih sebagai film terbaik MTV Movie Award 2010 Minggu lalu!" ujar Umar. "Melengkapi prestasi film garapan sutradara Catherine Hardwicke itu, Robert Pattinson dan Kristen Stewart terpilih sebagai pemeran utama pria dan wanita terbaik! Peraih MTV Award dipilih oleh penonton seluruh dunia lewat internet!"

"Keprihatinan Vatikan atas film Twilight itu layak disimak, terkait kecenderungan remaja sedunia yang semakin gandrung film supernatural—film ini berkisah cinta segitiga vampir, serigala jadian (werewolf) dengan seorang remaja putri (Kristen Stewart). Gejala remaja gandrung supernatural menguat sejak film Lord of The Ring, lalu Harry Potter!" sambut Amir. "Film Twilight diangkat dari novel Stephenie Meyer yang terjual 85 juta kopi di seluruh dunia!"


"Apa beda dengan dongeng sebelum tidur yang juga banyak bertema supernatural!" sela Umar.

"Dongeng sebelum tidur berakar budaya lokal, yang sering berlatar supernatural!" jawab Amir. "Sedang film supernatural, mengglobal sebagai paket liberalisasi--kebebasan yang melampaui batas norma dan moral agama—dikemas sebagai komoditas hiburan! Masalah bagi Vatikan, dari konteks bicara Monsignor Perazzolo, vampir jadi jagoan tampan yang dipuja—protagonis! Jelas pemujaan seperti itu berbahaya pada remaja!"

"Tapi kenapa di Indonesia yang filmnya beredar sejak 3 Desember 2008 tak ada reaksi sekeras dari Vatikan?" tanya Umar.

"Mungkin karena masyarakat Indonesia sudah imun terhadap film supernatural, jadi santapan sehari-hari di sajian televisi! Seperti Kuntilanak, Nyi Blorong, bahkan Si Cantik Jembatan Ancol atau Nyi Roro Kidul sang supernatural dijadikan tokoh protagonis! Oleh keimunan itu film Twilight tak terasa aneh! Juga, ramalan supernatural lewat SMS sudah jadi bisnis laris-manis!" jawab Amir. "Itu pertanda, Indonesia telah menjadi pasar ideal paket supernatural dalam globalisasi!"

"Berarti penyimpangan norma dan moral agama sudah jadi hal biasa di Indonesia?" potong Umar.

"Merajalelanya korupsi dalam segala bentuknya, salah satu wujud penyimpangan dari norma dan moral agama!" tegas Amir. "Artinya, kecemasan Vatian itu bukan saja relevan buat kita! Justru Indonesia menjadi bukti betapa buruk akibat penyimpangan norma dan moral agama!!" ***

0 komentar: