Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Piala Dunia 2010, 'Top Quality Game'!


"PRAKIRAAN Johan Cruyff tim Inggris di Piala Dunia 2010 cuma sejenis 'tim Italia B' menjadi kenyataan! Pasukan Tiga Singa digilas Panser 4-1," ujar Umar. "Cruyff menilai demikian karena permainan asli Inggris telah hilang, diganti gaya Italia yang out of date! Itu karena selain Fabio Capello melatih Timnas Inggris, pelatih Italia lainnya juga melatih klub-klub Inggris--Carlo Ancelotti di Chelsea dan Roberto Mancini di Manchester City!"

"Lebih dramatisnya, Inggris yang sejak kick off bermain amat ngotot, dilayani Jerman dengan bermain efektif!" sambut Amir. "Pelatih Joachim Loew menyiapkan Jerman bermain tanpa beban! Pada hari-hari menjelang pertandingan lawan Inggris, Ozil cs. justru lebih banyak santai ketimbang berlatih! Mereka jalan-jalan ke kebun binatang singa Afrika Selatan, bermain dengan singa-singa jinak! Jadi, apalagi tim yang cuma berjuluk tiga singa, singa sungguhan pun jinak pada mereka!"


"Bagaimana langkah tim Panser berikutnya, yang harus berebut tempat di semifinal dengan tim Argentina yang sedang di puncak performanya?" tanya Umar.

"Adu tajam antara trio Klose, Podolsky, Mueller dengan trio Messi, Higuain, Tevez!" jawab Amir. "Dengan materi andalan mereka miliki di lini depan, kedua tim akan memainkan attacking football--sepak bola menyerang! Pasti seru, pertandingan perempat final Klose lawan Messi ini akan jadi top quality game Piala Dunia 2010!"

"Tapi operan bola dari kaki ke kaki Jerman tampak lebih akurat dibanding Argentina,
terutama saat Argentina mengalahkan Meksiko 3-1," tukas Umar. "Belum lagi trik-trik meloloskan bola dari kerumunan lawan, lebih enak dilihat yang dilakukan Jerman! Sedang pemain Argentina, tanpa kecuali Messi, jika dikerubuti lawan sering kehilangan bola!"

"Itu tak terlepas dari perbedaan permainan Jerman dengan Argentina atau Amerika Latin!" timpal Amir. "Jerman dan Eropa kontinental cenderung bermain shot passing--overan pendek--dengan mencari advantage dari possession football, sedang Argentina dan Amerika Latin cenderung long passing dengan advantage pada keunggulan teknik individu dalam duel-duel rebutan bola! Pertarungan antara dua gaya berbeda itulah yang menarik dari partai Jerman-Argentina!"

"Tapi gol kedua tim pada tanding terakhir mereka sama-sama lewat umpan terobosan dalam serangan balik!" tegas Umar. "Termasuk gol Tevez dengan tendangan keras dari luar kotak penalti, kiper lawan tertipu gaya terobosan hingga tak siap mengantisipasi tembakan Tevez langsung ke gawang!"

"Untuk gaya permainan itu kedua tim mengandalkan gelandang!" timpal Amir. "Praktis adu tangguh di lapangan tengah antara trio Schweinsteiger, Oezil, dan Khedira lawan Veron, Mascherano, dan Heinze! Siapa lebih tangguh, timnya lebih diuntungkan!"

0 komentar: