Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Gayus Tambunan Bikin Heboh Lagi!


"GAYUS H.P. Tambunan, tersangka kasus korupsi terkait mafia pajak, bikin heboh lagi!" ujar Umar. "Ia keluar rumah tahanan selama tiga hari tanpa izin pengadilan! Pada periode sama, ada penonton tenis turnamen Commonwealth Bank di Hotel Westin Bali mirip Gayus pakai wig dan kaca mata! Foto itu beredar di media massa!"

"Entah bagaimana Gayus mengatur hingga bisa melenggang keluar rumah tahanan, tampak pelajaran sepahit apa pun tak membuat aparat jera!" sambut Amir. "Seberapa besar sih Gayus memberi uang, pasti jauh sebanding dari risiko yang harus dipikul dalam kedinasan dan lebih buruk lagi, pukulan mental yang harus dialami keluarga di rumah! Belum lagi ekses mencemari nama lembaga tampatnya mengabdi!"


"Gawatnya, Gayus mengakui ada keluar rumah tahanan tiga hari untuk berobat tanpa izin dari pengadilan! Jadi, pokok masalahnya benar!" tegas Umar. "Sedang kaitan dengan foto mirip dirinya, Gayus membantah dia ke Bali! Namun, justru ini ditangani Satgas Antimafia Hukum Kepresidenan dengan membentuk tim investigasi! Soalnya, dengan alasan untuk menonton turnamen tenis yang sama, konglomerat Aburizal Bakrie juga ada di Bali—juru bicara keluarga Bakrie, Lalu Mara Satriawangsa, menegaskan kehadiran Aburizal itu tak ada kaitan dengan Gayus!" (Kompas, [11-11])

"Untuk semua itu, Gayus tak bisa dilihat sebagai orang lugu! Hingga, layak disimak ada apa di balik tindakan Gayus membuat heboh itu!" timpal Amir. "Gelagatnya, terakhir ini Gayus membuat sidang pengadilan sebagai pentas untuk menjadikan dirinya primadona yang disayangi penonton lewat tudingan makin luas atas jaringan tokoh yang terlibat kasusnya—termasuk kaitannya dengan aliran dana Bakrie Group!"

"Tingkah Gayus terakhir tak lepas dari usahanya di sidang pengadilan untuk melawan proses yang cenderung membonsai kasusnya, yang diadili cuma yang kecil-kecil!" tegas Umar. "Itu sejalan pernyataan penasihat hukumnya, Adnan Buyung Nasution, persidangan Gayus ternyata tak membongkar seluruh jaringan mafia pajak dan mafia hukum! Padahal ini masalah besar, tetapi yang disidang, kecil-kecil! Kasusnya seperti dibonsai!" (Politik Indonesia, [11-10])

"Untuk itu memang harus ada yang menindaklanjuti fakta-fakta baru dari persidangan yang diungkap Gayus, untuk diselidiki dan disidik dalam kasus mafia pajak dan mafia hukum!" timpal Amir. "Tim investigasi yang dibentuk Satgas Antimafia Hukum untuk kasus Gayus terakhir, bisa menjadi pintu masuk membersihkan mafia hukum dalam skala luas dan komprehensif!" ***

0 komentar: