Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Kala ‘Total Football’ Menjadi Tak Andal!

"TRAGIS nian! Dengan permainan total football yang melegenda pernah memukau dunia dari zaman Johan Cruiff hingga Van Basten, tim Belanda yang bertabur bintang kalah beruntun di babak penyisihan grup Piala Eropa 2012!" ujar Umar. "Dan total football pun berubah menjadi tragedi bagi tim yang bermain tak andal dilihat dari hasil akhirnya itu! Sebab jika dilihat lewat proses, sampai Mario Gomez mencetak gol kedua di menit 38, Belanda unggul dalam ball position, 61 persen!" "Itulah bukti faktor luck—keberuntungan—punya porsi 51 persen dalam menentukan hasil tanding sepak bola!" timpal Amir. "Faktor keberuntungan pula yang masih menyisakan peluang buat Belanda untuk tetap bisa masuk babak delapan besar jika mampu mengalahkan Portugal dengan selisih gol yang lebih baik dari Portugal dan Denmark—andai Denmark juga dikalahkan Jerman yang perkasa itu!"

"Ada dua kelemahan Belanda yang terlihat dalam dua kekalahan berturut Belanda!" tukas Umar. "Pertama, saat laga lawan Denmark, permainan Belanda sebagai sebuah tim masih kurang padu, belum solid! Meski permainan individu unggul, tanpa kerja sama tim yang baik tampak kurang efekif!" "Gol tunggal Dehli ke gawang Belanda bahkan akibat salah pengertian pemain belakang Belanda dalam mengantisipasi bola liar sehingga Dehli lolos dan bisa bebas melepas tendangan di mulut gawang!" sela Amir. "Begitulah!" timpal Umar. "Kedua, ketika lawan Jerman kesalahan itu diperbaiki sehingga meski kalah dua gol, penguasaan bolanya unggul! Kelemahannya saat itu, penguasaan bola hanya diputar-putar di luar tembok pertahanan Jerman, tak mampu menembusnya bahkan dengan terobosan Arjen Robben yang terkenal tajam itu! 

Termasuk gol Van Persie, dicetak dari balik tembok hingga gerak cepat Van Persie tak terlihat kiper lawan!" "Untuk pertandingan ketiga yang bagi kedua pihak merupakan tarung hidup-mati—siapa kalah angkat koper, hanya jika Belanda bisa menyempurnakan permainan total football dalam penguasaan bola, ketangguhan pertahanan dan ketajaman ujung tombak serangan, sisa peluang Belanda untuk tak tersingkir dari arena Piala Eropa 2012 masih bisa diharapkan!" ujar Amir. "Tetapi, itu pun akhirnya tergantung pada Jerman yang sudah memastikan lolos ke putaran kedua, apakah mereka harus bermain ngotot menguras tenaga dengan risiko pemain cedera melawan Denmark yang pasti ngotot habis untuk merebut tiket kedua dari Grup A ke delapan besar! Sakitnya Belanda dan Portugal di situ, Jerman memillih simpan tenaga untuk pertandingan babak selanjutnya yang lebih penting bagi menapak ke takhta juara!" ***

0 komentar: