Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

700 Investor Beraset 4 Triliun Dolar!

Artikel Halaman 8, Lampung  Post Rabu 05-02-2020
700 Investor Beraset 4 Triliun Dolar!
H. Bambang Eka Wijaya

KABAR gembira! Bank Mandiri dan Mandiri Sekuritas mengelar Mandiri Investment Forum (MIF) 2020 pada 5-7 Februari ini di Jakarta. Hadir sekitar 700 investor asing dengan aset kelolaan 4 triliun dolar AS.
Andry Asmoro, Chief Economist Bank Mandiri mengatakan, pertemuan ini merupakan showcase untuk investor asing yang berniat menanam modal di Indonesia khususnya di sektor riil.
"Kami mendukung program pemerintah di sektor riil. Dan peluang bertumbuh dari sisi investasinya pun lebih sustainable untuk pertumbuhan ekonomi," kata Andry.
Pada 2020 terdapat beberapa sektor yang potensial untuk berinvestasi, antara lain sektor manufaktur, pariwisata, infrastruktur, dan pendidikan. "Sektornya masih sangat beragam. Sektor yang defensif seperti tourism dan ekspor oriented seperti manufaktur dan otomotif harus kita dorong lebih tinggi," kata Andry.
Sementara Direktur Mandiri Sekuritas Silva Halim menyajikan peluang investasi di pasar saham. Setidaknya telah ada 54 emiten blue chip asal RI yang telah terdaftar di forum itu guna menggaet investor. (Kompas.com, 27/1)
MIF 2020 jadi perintis momentum investasi masif di priode kedua Presiden Jokowi yang memulai dengan membuat Omnibus Law investasi, cipta lapangan kerja dan perpajakan. Forum ini pun menjadi media efektif bagi sosialisasi rencana pemerintah tersebut kepada investor.
Dalam sosialisasi itu sebaiknya juga disampaikan hal-hal terkait realitas dunia usaha di Indonesia, baik yang praktis seperti perburuhan, maupun yang strategis seperti skema Jokowi mencapai income per kapita rakyat Indonesia Rp27 juta per bulan pada tahun 2045.
Pentingnya hal itu disampaikan di forum ini agar mereka tak terkejut baik dalam penjajakan lapangan maupun saat realisasi investasinya kelak menemukan beban tidak ringan yang harus ikut dipikulnya. Seperti dalam perburuhan, realitasnya dengan sistem yang kini berlaku di Indonesia, upah buruh naik lipat dua setiap delapan tahun.
Contohnya, pada 2012 UMP Jakarta Rp2,2 juta; pada 2020 di level Rp4,4 juta. Maka, pada 2028 jadi Rp8,8 juta, 2036 jadi Rp17,6 juta, dan 2044 jadi Rp35,2 juta. Kalau suami-istri bekerja dan punya anak satu orang, skema pendapatan per kapita Jokowi tercapai.
Untuk merekrut semua angkatan kerja yang ada perlu investasi asing sebanyak mungkin. Lewat pendidikan rakyat dibuat siap mental untuk menjadi "bangsa koeli, koeli dari bangsa-bangsa lain". Begitulah imperialisme modern versi Bung Karno dalam "Indonesia Menggugat" (1930). ***



0 komentar: