Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Gerakan Nasional Hak PKL!

"GERAKAN Nasional Hak Pedagang Kaki Lima (PKL) dicanangkan Menko Perekonomian Hatta Rajasa di Palu, Sabtu," ujar Umar. "Hatta menegaskan PKL punya hak untuk berdagang secara nyaman tanpa was-was akan digusur! PKL juga punya hak mendapatkan bantuan dari perbankan. Tambah Hatta, ruang terbuka hijau atau ruang publik bisa saja dijadikan tempat usaha untuk PKL asal diatur dengan baik dan tidak mengganggu ketertiban umum!" 

"Gerakan nasional ini harus disosialisasikan ke pemkot dan pemkab setanah air, utamanya Polisi Pamong Praja (Pol. PP) yang selama ini demi tugas penertiban yang diembannya selalu terlibat bentrokan dengan PKL!" tukas Amir.

"Adanya gerakan nasional hak PKL ini diharapkan Pol. PP mengutamakan pendekatan persuasif, tak asal 'hajar bleh' lagi dalam tugasnya! Sejalan dengan itu, para pejabat dan politisi daerah diharapkan proaktif menangani masalah PKL agar tujuan gerakan nasional tercapai, sekaligus terwujud kondisi harmonis hubungan PKL dan Pol. PP!" 

"Sebagai gerakan nasional, tentu setiap daerah membentuk sebuah badan pelaksana dari unsur pemda dipadu dengan unsur terkait utamanya wakil PKL!" tegas Umar. "Tugas badan ini membahas, merumuskan, dan melaksanakannya sebagai kesepakatan dalam penataan dan pengayoman terhadap PKL!" "Penataan, pengayoman, dan pemberdayaan PKL bisa dijadikan trisula gerakan nasional ini, karena ketiga dimensi itu diperlukan secara saksama untuk membangkitkan PKL sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan rakyat!" ujar Amir. 

"Peran PKL tak diragukan lagi sebagai tulang punggung perekonomian nasional, bahkan untuk bertahan dari tekanan berat krismon! Lebih dahsyat lagi, saat mereka masih diudak-udak Pol. PP selama ini, PKL selalu menjadi penampung tenaga kerja nonformal dan informal, termasuk buat mereka yang di-PHK dari sektor formal!" 

"Karena itu, solusi buat PKL selalu bermanfaat jamak!" tegas Umar. "Dan solusi terbaik seperti yang diberikan Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. pada PKL Pasar Tugu, dibuatkan tempat khusus untuk menampung mereka di lantai dasar bangunan baru pasar!" "Bukan mesti sebaik itu perlakuan pada PKL!" tukas Umar. "Dengan gerakan nasional ini, dagangan PKL tak lagi diobrak-abrik Pol. PP, sudah cukup besar artinya!" ***

0 komentar: