Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Pilkada, Prokes Hindarkan Klaster TPS!

Artikel Halaman 8  Lampung Post Jumat 27-11-2020
Pilkada, Prokes Hindarkan Klaster TPS!
H. Bambang Eka Wijaya

PILKADA tinggal dua minggu lagi. Pilkada kali ini berbeda dari biasanya, karena dilaksanakan saat pandemi Covid-19. Sehingga, pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan TPS harus diprioritaskan. Ini untuk menghindarkan munculnya klaster TPS.
Tahap awal sejak persiapan, lokasi TPS disuci hamakan, disemprot disinfektan. Lalu para petugas TPS sebelum hari pelaksanaan sudah dirapid tes, syukur kalau bisa diswab. Dengan itu terjamin lokasi TPS aman dan para petugas TPS bukan carier (penyebar) virus. Panitia harus menjamin dengan sungguh-sungguh semua petugas di TPS terbebas dari paparan Covid-19.
Pada hari coblosan 9 Desember, pemilih datang dengan  memakai masker. Di TPS, telah tersedia pengaman bagi pemilih. Utamanya tempat cuci tangan atau cairan disinfektan, sarung tangan karet atau plastik, pelindung wajah atau face shield, dan pengecek suhu tubuh, dan pendrop (penetes) tinta untuk tanda sudah memilih yang bukan lagi mencelupkan jari ke botol tinta.
Pada hari pencoblosan itu, panitia telah mengatur jam kedatangan pemilih lewat undangan yang dibagikan. Ini maksudnya agar di TPS tidak terjadi kerumunan. Jumlah pemilih di TPS dibatasi paling banyak 9 orang pada setiap saatnya. Pemilih yang sudah datang berbaris dengan manjaga jarak di luar TPS.
Selama berada di TPS maupun saat menunggu giliran, antarpemilih maupun pemilih dengan petugas TPS dilarang bersalaman. Silaturahim dilakukan secara lisan ranpa membuka masker.
Pilkada Serentak 9 Desember 2020, digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.
Sementara itu  dalam rapat terbatas di Istana Senin (23/11) Presiden Jokowi minta Mendagri Tito Karnavian dan Kapolri Idham Aziz untuk menegakkan aturan disiplin protokol kesehatan pada Pilkada.
Ia meminta agar potensi pelanggaran protokol kesehatan ditindak tegas, terutama pada masa kampanye dan pencoblosan Pilkada.
"Tegakkan aturan, kemudian terus disiplin protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat, terutama nanti pada saat hari pencoblosan dan tentu saja di saat kampanye-kampanye terakhir ini," ujar Jokowi dalam Ratas yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden. (23/11/2020)
Jokowi meminta Mendagri hingga Satgas Covid-19 daerah memberi perhatian khusus pada penyelenggaraan Pilkada yang tinggal dua minggu lagi. Itu agar upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi tidak terganggu dengan adanya potensi pelanggaran protokol kesehatan di Pilkada. ***




1 komentar:

7 Desember 2020 pukul 11.47 Yaudah mengatakan...


JACKPOT yang besar hanya di AJOQQ :D
WA : +855969190856