Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Petahana Unggul di Jawa Barat!

"PASANGAN petahana Pemilukada Jawa Barat, Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar, unggul versi hitung cepat Metro TV-Indobarometer dengan meraih suara 31,7%, diikuti pasangan Rieke Diah Pitaloka—Teten Masduki 27,5%, dan Dede Yusuf—Lex Laksmana 25,9%!" ujar Umar. 

"Hasil sementara itu membuktikan ucapan Ahmad Heryawan, kader Partai Keadilan Sejahtera—PKS, penahanan mantan presiden PKS oleh KPK terkait kuota impor daging sapi tak berpengaruh pada Pilgub Jawa Barat!"

"Itu bisa dijadikan acuan bagi PKS di provinsi lain. Sejauh tidak reaktif berlebihan atas kasus yang menimpa mantan presiden PKS itu, ekses kasus itu terhadap elektabilitas partainya bisa ditekan sekecil mungkin!" timpal Amir. "Lebih lagi dalam event Pilgub Jawa Barat, mesin partai PKS yang telah bekerja sejak awal hasil sukar digeser secara signifikan!" 

"Lain hal pasangan Dede Yusuf-Lex Laksmana yang oleh berbagai survei independen pekan terakhir sebelum hari pemilihan unggul dalam peraihan suara, pada pelaksanaannya justru melorot ke peringkat tiga!" tukas Umar. "Hal itu terjadi bukan mustahil akibat kurang dua hari pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat (pengusung Dede bersama PAN dan lain-lain) Anas Urbaningrum ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus Hambalang! Tanpa mesin partai (Demokrat) yang efektif, hal itu terbukti mempengaruhi perolehan suara Dede Yusuf!" 

"Cukup fenomenal tentu pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, yang di sejumlah daerah pemilihan (DP) bahkan mengungguli petahana, dengan hasil akhir cuma tertinggal sekitar 3%!" timpal Amir. "Andaikan pasangan yang diusung PDIP ini start dalam pilgub dengan waktu yang sama, bukan aneh kalau bisa menyalip petahana! Kalah start alasan rasional ketika tertinggal dalam lomba lari, juga dalam pilgub!"

"Pelaksanaan maupun hasil pilgub di provinsi berpenduduk 46,5 juta jiwa dengan pemilih 32 juta itu layak jadi perhatian kita di Lampung, yang juga segera menggelar pilgub dengan situasi dan kondisi politik nasional tak jauh beda!" tegas Umar. 

"Kondusifnya pelaksanaan pantas disimak, salah satunya berkat jelasnya jadwal tahapan demi tahapan pemilukada dijalankan oleh KPU didukung oleh pemerintah provinsi serta diikuti dengan baik oleh semua peserta! Hal terakhir ini yang kayaknya perlu menjadi perhatian semua pihak agar Pilgub Lampung bisa sekondusif di Jawa Barat!" ***

0 komentar: