Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Jangan Anggap Enteng Situasi!


"COBLOSAN pemilihan presiden (pilpres) tiga hari lagi, situasi tidak benar-benar kondusif akibat fitnah masih muncul sampai pekan terakhir!" ujar Umar. "Untuk itu, lewat rapat kabinet, Presiden SBY mengingatkan Polri dan TNI agar jangan menganggap enteng situasi dalam tugas pengamanan pilpres!" (Kompas.com, 3/7) 

"Sebelum 9 Juli dan beberapa hari setelah itu, tegas SBY, hingga situasi dianggap benar-benar aman, jajaran Polri dan TNI siap dan siaga! Operasi atau kegiatan pengamanan oleh kepolisian terus berlangsung!" timpal Amir.

"Jajaran polisi diperintahkan untuk menindak semua pelanggaran hukum, aksi-aksi kekerasan, perusakan, atau pembakaran yang bisa saja terjadi dilakukan pihak mana pun!" "SBY menegaskan agar Polri membantu penyelenggaraan pemilu jika terjadi pelanggaran terhadap aturan pemilu, misalnya praktik politik uang!" lanjut Umar. 

"Ada aturannya, tinggal dijalankan dengan tegas. Kata SBY, negara tidak akan melakukan pembiaran!" "Penegasan negara tidak akan melakukan pembiaran itu perlu ditekankan karena situasi terakhir menajam juga akibat kurang tegasnya penindakan pada fitnah-fitnah yang bermunculan, sampai terkesan adanya pembiaran!" tegas Amir.

 "Terakhir Megawati sampai mengeluarkan imbauan kepada kader dan simpatisan PDIP untuk tidak bertindak anarkistis, menyusul fitnah yang disampaikan melalui tayangan sebuah televisi swasta yang menuduh PDIP sarang komunis!" 

"Tak ayal, karena sulutan fitnah terakhir itulah, perintah Presiden SBY pada Polri dan TNI amat tegas untuk menindak setiap pelanggaran hukum karena fitnah tersebut bisa menyulut amarah kader dan simpatisan PDIP di seluruh Tanah Air!" timpal Umar. 

"Sejalan dengan itu, untuk menjaga agar situasi tetap terkendali, para pengurus PDIP semua tingkat di daerah diharap menjaga kader dan massa simpatisannya untuk tetap tertib, tidak bertindak melanggar hukum! Segala hal terkait pilpres, ditangani pengurus!"

 "Khusus gerakan massa di lapangan untuk ronda mengamankan pemilu dari praktik politik uang, juga harus dikontrol ketat oleh pengurus partai agar tak main hakim sendiri!" tegas Amir. "Jika ada masalah, sampaikan pada petugas kepolisian yang pada hari-hari itu juga aktif patroli!" 

"Dengan semua itu diharapkan perintah Presiden bisa dilaksanakan polisi dan TNI secara tegas dan adil!" tukas Umar. "Massa menghormati aparat yang adil dalam tugasnya! Keberpihakan petugas bisa menyulut konflik!" ***

0 komentar: