Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Ada Protokol Kesehatan Baru Normal!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Sabtu 30-05-2020
Ada Protokol Kesehatan Baru Normal!
H. Bambang Eka Wijaya

NEW Normal adalah suatu pola hidup yang normal jika dilakukan dengan mengamalkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Jadi yang new (baru) dalam kehidupan normal ke depan adalah adanya protokol kesehatan yang efektif dalam keseharian kita.
Demikian penyikapan yang tepat dengan era new normal, kehidupan normal yang tetap memerangi Covid-19 melalui kehidupan sehari-hari kita. Jika kita taat pada protokol kesehatan, maka akan putuslah mata rantai penularan Covid-19, meski kita tetap beraktivitas memenuhi kewajiban hidup masing-masing.
Itu karena new normal adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan standar kesehatan yang tak ada sebelum pandemi.
New normal itu upaya menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara tetap berdaya menjalankan fungsinya.
New nornal itu tahapan baru setelah stay at home atau pembatasan sosial mencegah penyebaran virus korona. New normal supaya warga bisa keluar rumah bekerja mencari nafkah dengan standar kesehatan. Sehingga warga tak perlu lagi terus bersembunyi dalam rumah tanpa kepastian yang menyebabkan kebangkrutan total, PHK massal dan kekacauan sosial.
New normal agar pemerintah bisa menarik pajak dari aktivitas ekonomi, sehingga negara ada pemasukan untuk mengurus rakyat dan menjalankan fungsi konstitusionalnya.
New normal diberlakukan dengan kesadaran oenuh bahwa wabah masih ada di sekitar kita. Untuk itu, kegiatan ekonomi/publik harus menggunakan protokol kesehatan. Jika new normal tidak dilakukan dampak sosial dan ekonominya tak akan tertahankan. Korporaai bangkrut dengan efek domino kebangkrutan negara.
Buat yang tak setuju new normal silahkan tetap tinggal di rumah. Karena banyak orang yang harus keluar rumah untuk menghidupi keluarganya.
Untuk memastikan new normal berjalan baik, pemerintah harus melakukan kontrol publik dan  law enforcement terhadap pelanggar protokol kesehatan. Termasuk menambah kapasitas pelayanan kesehatan kepada segenap warga dan mengatasi lebih baik Covid-19.
Utamanya, pemerintah pusat dan daerah agar lebih cepat melakukan test masif agar kepastian warga yang sehat dan yang sakit bisa diperoleh, hingga warga masyarakat bisa lebih tenang dan tenteram menjalani kehidupan sehari-hari.
Sekaligus dengan itu pemerintah memberikan angka-angka perkembangan Covid-19 yang benar, dengan kurva penularan yang terus menurun sampai tak ada lagi ancaman penularan dalam masyarakat. ***


.

0 komentar: