Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Giliran Brasil Capai Puncak Covid-19!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Selasa 19-05-2020
Giliran Brasil Capai Puncak Covid-19!
H. Bambang Eka Wijaya

BRASIL pekan lalu memasuki tahap puncak serangan virus Covid-19. Laporan Kementerian Kesehatan negeri itu Rabu (13/5) melaporkan tambahan 11.385 kasus positif baru dalam sehari. Disusul pada Kamis (14/5) dilaporkan ada lonjakan 13.944 kasus baru dalam sehari.
Lonjakan itu menjadikan total kasus positif Covid-19 di Brasil hari itu mencapai 202.918 kasus. Dengan angka ini Brasil menjadi negara keenam dengan total kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Brasil di bawah Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Spanyol, dan Italia.
Kemeterian Kesehatan Brasil juga melaporkan 844 tambahan kematian dalam 24 jam terakhir, sehingga korban meninggal akibat virus Corona di Brasil hari itu mencapai 13.993 jiwa.
Lonjakan itu terjadi justru setelah sejumlah gubernur di Brasil menerapkan karantina wilayah (lockdown) di daerahnya.
Presiden Brasil Jair Bolsorano kepada wartawan dikutip CNN Jumat (15/5) menyatakan, "Kisah tentang lockdown ini, menutup semuanya, bukan cara yang tepat."
"Itu adalah jalan menuju kegagalan, untuk menghancurkan Brasil, " tukasnya.
Bolsorano menilai langkah karantina yang dilakukan banyak gubernur di Brasil itu, telah membuat situasi krisis semakin buruk. "Serta bisa membuat Brasil menjadi negara miskin."
Sebelum pandemi Covid-19, Brasil memang termasuk negara industri baru yang maju dan oleh Goldman Sach disebut dengan kelompok BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan South  Africa). Ekonomi Brasil menduduki urutan ke-8 terbesar di dunia.
Di mata Bolsorano rupanya kondisi ekonomi Brasil kini tampak parah. Tak kepalang Sang Kepala Negaranya sendiri yang menyatakan di depan para wartawan, "Brasil berubah menjadi negara orang miskin. Tidak akan ada cukup uang untuk membayar pekerja sektor publik."
Brasil adalah negara dengan wilayah terluas di Amerika Selatan dengan penduduk 204 juta jiwa. Brazil penghasil sekaligus pemasok kopi terbesar pertama dunia. Sejarah perkebunan kopi Brasil sejak sebagai lokasi perbudakan di Abad 17, seperti dalam film serial "Isaura" yang diputar TVRI era 1970-an.
Kemerdekaan Brasil dideklarasikan 7 September 1822, diakui 29 Agustus 1825. Dan menjadi Republik 15 November 1889. Bahasa Portugis jadi babasa resminya.
Brasil terkenal dengan Tim Nasional sepak bolanya. Di zaman Piala Dunia masih bernama Jules Rimet Cup tiga kali juara dunia (1958, 1962, 1970) hingga piala tersebut menjadi milik tetap Brasil.
Di era baru, Brasil telah dua kalu jadi juara dunia (1994 dan 2002). ***





0 komentar: