Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Kebangkitan Versi Artis!

"DI Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2010, Metro TV menayangkan persepsi kebangkitan versi artis dalam program Just Alvin!" ujar Umar. "Empat artis ditampilkan, Hari Mukti yang kini jadi juru dakwah, Henidar Amroe yang setelah pakai jilbab menolak peran tanpa jilbab meski bayarannya besar, Rachel Maryam mengabdi kepentingan rakyat dengan menjadi anggota DPR, dan Peggy Melati Sukma yang jadi pekerja sosial, keliling dunia cari bantuan untuk anak-anak miskin!"

"Kebangkitan versi artis ternyata berarti suatu pencapaian (achievement) yang bersifat sublimatif, peningkatan derajat diri dengan berorientasi pada pengabdian lebih luhur, dengan meninggalkan dunia artis yang glamor berlimpah kemewahan!"

sambut Amir. "Hari Mukti misalnya, dengan tekad hidup adalah pilihan, demi pilihannya itu pernah sampai melarat! Tapi justru saat itu ia merasa berhasil mencapai akhlak mulia yang amat dia dambakan untuk ia kembangkan ke tengah masyarakat! Orientasi pada pengembangan akhlak mulia itu pula motivasi Henidar Amroe menolak big money demi mempertahankan jilbabnya dalam berakting!"

"Kalau Rachel Maryam masih diuji komitmennya terhadap kepentingan rakyat dalam kiprahnya di panggung politik, kampanye Peggy Melati Sukma di forum-forum dunia telah memberi pemahaman lebih baik tokoh-tokoh di negeri maju atas nasib anak-anak

yang membutuhkan bantuan!" timpal Umar. "Hasil aktivis sosial memang tak langsung meraih bantuan berlimpah! Tanpa pemahaman yang tepat, tak akan pernah datang bantuan!"

"Begitu kebangkitan versi artis, mengagumkan!" tegas Amir. "Namun, bagi awam, terasa aneh! Haruskah achievement untuk peningkatan derajat diri atau integritas dicapai dengan meninggalkan profesi--seperti ditempuh sebagian artis itu?"

"Tentu saja tidak!" potong Umar. "Sublimasi atau peningkatan secara holistik integritas, paling ideal justru lewat meningkatan integritas dalam profesi atau bidang pengabdiannya di mana ia menapak setingkat demi setingkat jenjang karier pilihan jalan hidupnya! Artinya, profesi adalah tempat berekspresi mengaktualisasikan diri, mengabdi sebagai hamba yang berguna bagi orang lain! Sehingga, setiap profesi adalah tempat beribadah meningkatkan derajat dan martabat dirinya!"

"Memang, kebangkitan jika dipersepsi sebagai achievement paling tepat adalah sublimasi derajat pengabdi setiap profesi, termasuk dalam sifatnya yang holistik, sehingga semua profesi bangkit dan maju bersama!" tegas Amir. "Hal terbaik, semua profesi punya roh holistik sehingga semua bidang kehidupan menonjolkan ekspresi akhlak mulia!"




0 komentar: