Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Steve Jobs Mundur dari CEO Apple!


"STEVE Jobs, dicatat Guinnes World Record sebagai chief executive officer (CEO) dengan gaji terendah (1 dolar AS per tahun) pekan ini mundur dari CEO Apple Computer yang dia dirikan 1976 karena kena kanker pankreas!" ujar Umar. "Jobs pada usia 21 dan Wozniak (26) pada 1976 memulai usaha Apple di garasi rumah Jobs! Bertahun-tahun Jobs menggaji dirinya 1 dolar AS per tahun, sampai penjualan komputer maju! Setelah maju, pada 2003 gaji Jobs 219 juta dolar AS per tahun—lebih Rp4 miliar per hari!" (Wikipedia)

"Jobs inspirator kaum muda AS untuk memulai usaha dari nol di garasi!" timpal Amir. "Itu ditiru Larry Page dan Sergey Brint penemu Google, dan Mark Zuckerberg penemu Facebook, atau Steve Chen, Jawed Karim, dan Chad Hurley penemu video online YouTube—semua itu dicapai pada usia di bawah 30. Cara Jobs mudur dari CEO di usia 56 (lahir 1955) juga penting, kinerja perusahaan tak perlu jatuh bersama kondisi fisiknya!"


"Sebagai inspirator, Jobs dikagumi!" tegas Umar. "Ia ahli meyakinkan orang dan salesman yang unggul! Pendiriannya keras, meskipun berakibat Apple kehilangan peluang emas menjadi pemimpin pasar komputer pribadi (PC). Ia menolak tawaran membuat komputer kompatibel dengan piranti Macintosh—yang unggul teknologinya! Akibatnya pemilik ide mengadopsi platform IBM PC dengan sistem operasi buatan Microsoft—yang melahirkan Microsoft Windows, penguasa pasar dunia kini!"

"Namun, Apple Computer tetap di barisan depan inovator teknologi komputer!" timpal Amir. "Belakangan Apple jadi perintis teknologi iPhone dan iPod yang sistemnya berkembang menjadi aneka kapsul berfitur touchscreen antarmuka!"

"Dari segi personalia Apple Computer sendiri, Jobs menunjuk Tim Cook, chief operating officer, jadi penggantinya di CEO!" tegas Umar. "Sebelumnya, pada 1983 Jobs juga pernah menarik John Sculley dari Pepsi-Cola ke perusahaannya kemudian menjadi CEO mengantikannya saat kondisi mental Jobs labil! Bahkan waktu itu (1985) Jobs keluar dari Apple mendirikan perusahaan NeXT Computer yang produknya terkenal di lingkup riset sains, dengan memajukan teknologi lewat program seperti object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical, yang mebuat Next dibeli Apple seharga 402 juta dolar AS pada 1996, dan Jobs pun kembali ke Apple!"

"Dalam bisnis teknologi kita butuh inspirator yang mumpuni bersaing global dan memicu regenerasi di bidangnya!" timpal Amir. "Mungkin kita punya cukup tokoh untuk itu, cuma iklimnya yang belum terbangun untuk bisa mencuatkannya!"

0 komentar: