Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Bom Ikan pun Merajalela!

"DUA nelayan tewas dan satu luka parah akibat bom ikan kiriman yang mereka terima meledak saat mereka otak-atik di Labuhanmaringgai, Lampung Timur! Ledakan itu juga memorakporandakan rumah sang nelayan!" ujar Umar. "Musibah tersebut menyingkap maraknya pengeboman ikan di perairan sekitar Lampung, yang sejauh ini belum mendapat perhatian serius dari aparat keamanan dan pemerintah!" 

"Ledakan bom ikan yang mengambil korban jiwa di Lampung Timur itu kejutan tersendiri!" timpal Amir. "Karena, selama ini bom ikan tak dikenal nelayan pantai timur Lampung, dari Maringgai hingga Teladas! Sama halnya nelayan Teluk Semaka dari Kelumbayan sampai Kotaagung, maupun pesisir barat, tak akrab dengan bom! Itu menjadi penyebab, ketika ada kiriman bom ke Maringgai mereka tak menguasai teknisnya hingga meledak di tangan!"

"Ada kecenderungan, keahlian membuat dan bermain bom hanya dikuasai segelintir nelayan Teluk Lampung!" tukas Umar. "Sedang nelayan lainnya, sekawasan operasi maupun di luarnya, hanya menderita imbas pengeboman yang mereka lakukan secara acak di seputar perairan Lampung! Ini dikeluhkan para nelayan kawasan Cukuhbalak yang sering melihat pengebom beraksi di wilayahnya, mereka bahkan petugas diacungi bom agar tak coba mengganggu!" 

"Acungan bom mereka meneror nelayan lokal itu menuntut keseriusan aparat keamanan dan pemerintah daerah untuk menindak sekaligus menghentikan operasi pengeboman di perairan Lampung!" timpal Amir. "Penggunaan bom berdaya ledak yang relatif makin tinggi seperti di Maringgai, merusak terumbu karang habitat pengembangbiakan biota laut, jelas sekelas perbuatan teroris yang menyengsarakan nelayan lokal dalam jangka panjang! Apalagi akibat perbuatan mereka banyak lumba-lumba terbunuh, imbasnya buruk pada pariwisata yang telah menjadi lahan ekonomi penting bagi bangsa!" 

"Kemauan politik yang cukup dari pemerintah daerah diperlukan untuk membasmi pengebom ikan itu!" tegas Umar. "Hanya dengan kemauan politik yang cukup, aparat bisa didukung cukup bekal peralatan dan bahan bakar untuk operasi mencari dan mengejar para pengebom ikan di tengah laut! Kalah peralatan dari pengebom, justru kapal aparat yang ditenggelamkan oleh bom buron mereka!" ***

0 komentar: