Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Justru Republik Makzulkan Trump!

SKANDAL baru melanda Presiden AS Donald Trump sehingga justru Senator Republikan, Justin Amash dan Carlos Curbelo, yang mewacanakan impeachment atau pemakzulan Trump.
Langkah kaum Republikan itu menyusul laporan bahwa Trump meminta James Comey, saat menjabat direktur FBI, menghentikan penyelidikan kaitan penasihat keamanan nasional Gedung Putih Michael Flynn dengan Rusia.
Justin Amash mengatakan kepada The Hill, Rabu (17/5/2017), bahwa jika ada laporan tentang tekanan Trump terhadap Comey, layak untuk melakukan impeachment kepada Trump. Sedangkan Carlos Curbelo, kepada CNN menyamakan langkah Trump—menekan Comey untuk membatalkan penyelidikan atas Flynn—dengan tindakan menghalang-halangi proses hukum—obstruction of justice. (Kompas.com, 18/5/2017)
Tindakan menghalang-halangi proses hukum adalah sebuah tindakan kriminal, pernah mendorong pemakzulan terhadap dua mantan Presiden AS, Richard Nixon dan Bill Clinton. Obstruction of justice dalam kasus Nixon dan Clinton pada akhir 1990-an, telah dilihat sebagai pelanggaran yang bisa membawa pemakzulan," ujar Curbelo.
Menurut New York Times, Comey telah menulis dalam sebuah memonya bahwa Trump berkata kepadanya, "Saya harap Anda bisa melihat dengan jelas dengan membiarkan Flynn melenggang."
Keberadaan memo yang ditulis Comey sendiri itu menunjukkan bahwa Trump telah berusaha untuk memengaruhi penyelidikan terhadap bawahannya, sekutunya, dan Rusia. Flynn mengundurkan diri Februari lalu setelah diketahui memberikan keterangan menyesatkan kepada Wakil Presiden Mike Pence mengenai percakapannya dengan Duta Besar Rusia untuk AS, Sergey Kislyak.
Laporan Reuters, Rabu (17/5/2017), berkesan kuat para Senator dari Republik dan Demokrat seirama untuk menyingkap skandal ini. "Saya ingin melihat memo itu segera," ujar Republikan Jason Chaffetz, ketua Komisi Pengawasan dan Reformasi Pemerintahan. "Kita harus segera mendengarkan testimoni dari (mantan) Direktur Comey secara terbuka," timpal Senator Demokrat Elijah Cummings.
"Komisi kehakiman adalah tempat yang layak untuk menggelar dengar pendapat dan mendapatkan dasar seterang-terangnya atas yang sudah diucapkan dan oleh siapa," tegas Senator Demokrat Dianne Feinstein. Dan ini didukung Senator Demokrat lainnya, Richard Blumenthal dan Bob Casey, maupun Senator Republik Lyndsey Graham dan Farnk LoBiondo.
Gedung Putih tentu membantah laporan itu. Namun, apakah itu bisa menghentikan arus pemakzulan yang menguat di kongres? ***

0 komentar: