Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

5 Bali Baru Diguyur Rp7,1 Triliun!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Sabtu 14-09-2019
5 Bali Baru Diguyur Rp7,1 Triliun!
H. Bambang Eka Wijaya

CAPAIAN devisa pariwisata 2019 sebesar Rp246 triliun atau sekitar 17,6 miliar dolar AS, setara total nilai ekspor 32 juta ton CPO tahun 2018, memicu pemerintah untuk menggenjot pembangunan lima Bali Baru dengan guyuran anggaran Rp7,1 triliun pada 2020.
Lima kawasan pariwisata super prioritas sebagai Bali Baru itu Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuhan Bajo, serta Manado-Bitung-Likupang. Anggaran tersebut melonjak signifikan dibanding tahun ini Rp1,7 triliun.
Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, anggaran fantastis dikucurkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur penunjang konektivitas, sumber daya air, perumahan dan pemukiman.
"Sektor pariwisata adalah sektor unggulan yang harus didukung oleh ketersediaan infrastruktur," kata Basuki dikutip Kompas.com (10/9/2019).
Pada tahun 2018, Indonesia mengalami pertumbuhan sektor pariwisata yang sangat pesat yakni 12,58%, dibandingkan rata-rata pertumbuhan dunia hanya 5,6% maupun ASEAN sebesar 7%.
Sudah saatnya kita lebih fokus untuk mempertahankan sektor pariwisata sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan potensi alam dan budaya yang luar biasa yang kita miliki. Mengingat pariwisata adalah mother industry, karena semua sektor akan ikut maju bersama, kata Hiramsyah S. Thaib, Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Bali Baru Kementerian Pariwisata.
Destinasi 10 Bali Baru ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 2017, yaitu Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kota Tua dan Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Borobudur (Jawa Tengah), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Mandalika (Lombok - NTB), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).
Terakhir ini super prioritas diberikan kepada lima Bali Baru dengan memasukkan ke dalamnya Manado-Bitung-Likupang. Namun demikian, program 10 Bali Baru tetap berjalan sesuai perencanaan semula. Seperti pengerjaan jalan tol Tebing Tinggi-Parapat merupakan program 10 Bali Baru.
Sedangkan untuk program Lima Bali Baru di Danau Toba infrastruktur yang dibangun Jembatan Tano Ponggol 1,2 km di Samosir (Rp287 miliar). Pelebaran Jalan Lingkar Samosir (Rp526 miliar). Infrastruktur Sumber Daya Air berupa pelebaran alur Tano Ponggol dari 25 meter menjadi 80 meter dan panjang 120 meter (Rp325 miliar). Penataan kawasan Parapat (Rp148,2 miliar) dan penataan ruang publik Parapat (Rp60 miliar).
Semua proyek di 5 Bali Baru sudah ditetapkan anggarannya. ***


0 komentar: