Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Menteri Ekonomi Jepang Mundur!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Rabu 30-10-2019
Menteri Ekonomi Jepang Mundur!
H. Bambang Eka Wijaya

MENTERI Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Isshu Sugawara Jumat (25/10/2019) mundur setelah majalah mingguan Shukan Bunshun memberitakan sekretaris si menteri memberi melon dan kepiting ke pendukungnya di dapil Tokyo, serta menawarkan uang dukacita 20.000 yen (Rp2,4 juta).
Mengutip laporan The Mainichi (25/10/2019), berita pada edisi terakhir majalah itu yang terbit Kamis (24/10) menyebut pemberian terhadap konstitituen itu terjadi pertengahan Oktober ini. Namun, sekalipun yang melakukan sekretarisnya, Sugawara mengaku harus memikul tangungjawab atas tindakan yang berpotensi melanggar undang-undang pemilu.
Kantor Sugawara juga mengirim sejumlah karangan bunga turut berdukacita kepada keluarga para pendukungnya tahun ini, menurut majalah tersebut. Hukum pejabat publik terpilih Jepang melarang para politikus membuat donasi untuk para pemilih di dapil atau wilayah konstituensinya.
Sugawara (57) merupakan menteri ke sembilan  yang mundur dari kabinet sejak PM Sinzo Abe berkuasa kembali 2012. Sebelumnya April lalu menteri olah raga (Olympics minister) Yoshitaka Sakurada juga mengundurkan diri.
"Saya mohon maaf karena mundur pada saat amat dibutuhkan untuk berbuat banyak," ujar Sugawara kepada wartawan, setelah pengunduran dirinya disetujui Sinzo Abe
Sementara Sinzo Abe juga kepada wartawan menegaskan, "Saya bertanggung jawab atas pengangkatannya, dan saya minta maaf kepada rakyat Jepang atas akhirnya begini."
Sigawara merupakan penanggung jawab perundingan bertegangan tinggi dengan Korea Selatan akibat Jepang membatasi ekspor bahan baku pembuatan handphone ke Korea Selatan.
Ia merupakan anggota Partai Liberal Demokrat Abe yang berkuasa dan telah mengabdi enam priode sebagai anggota Dewan Perwakilan Takyat. Sugawara dikenal dekat dengan Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, tulang punggung pemerintahan Abe.
Penggantinya selaku menteri ekonomi, perdagangan dan industri, Hiroshi Kajiyama, diambil sumpahnya oleh Kaisar Naruhito sore hari itu juga. Kajiyama yang sebelumnya bertugas menangani revitalisasi ekonomi lokal, kini harus memimpin perundingan dagang dengan Korea Selatan.
Dalam rangka perundingan ini, PM Jepang Simzo Abe telah bertemu dengan PM Korea Selatan Lee Nak-yon Kamis (24/10/2019). Keduanya sepakat untuk berusaha membangun kembali hubungan di tengah perselisihan tentang seharah dan perdagangan. Kedua pihak juga sepakat pentingnya kerja sama dengan Korea Utara dan masalah-masalah lainnya. ***


0 komentar: