Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Palapa Ring, Jalur Cepat Kemajuan!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Jumat 18-10-2019
Palapa Ring, Jalur Cepat Kemajuan!
H. Bambang Eka Wijaya

TULANG punggung sistem telekomunikasi nasional, Palapa Ring, yang saat kampanye disebut Cawapres Ma'ruf Amin dengan 'tol langit', diresmikan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (14/10). Disebut 'tol langit', karena Palapa Ring merupakan sarana jaringan internet supercepat.
Palapa Ring mengkover seleuruh wilayah Tanah Air, menyatukan 514 kota/kabupaten di 34 Provinsi, yang merupakan jaringan serat optik sepanjang 36 ribu kilometer dari barat sampai ke timur Indonesia. Palapa Ring didukung ribuan menara BTS 4G dan fasilitas microwave, sehingga komunikasi internet terjamin lancar.
Proyek kabel optik Palapa Ring terdiri dari 7 lingkaran terintegrasi, masing-masing lingkaran meliputi wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku, serta satu backhaul untuk menghubungkan semuanya. Kapasitas jaringan kabel optik Palapa Ring mencapai 100 GB dan bisa di-upgrade hingga 160 GB dengan mengusung konsep ring, dua pair (empat core).
Saat meresmikan Palapa Ring, Presiden Joko Widodo mengingatkan, konektivitas digital harus dimanfaatkan intuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa, untuk penguatan persatuan dan persaudaraan, dan untuk memperbaiki pendidikan.
Masyarakat, menurut Presiden, dapat memanfaatkan jaringan Palapa Ring untuk memperkuat perdagangan dengan menghubungkan beragam produk UMKM ke jaringan pasar nasional, bahkan global.
Presiden mengatakan, kehadiran Palapa Ring juga diharapkan mampu menghadirkan rasa adil bagi seleuruh warga negara Indonesia. "Setiap manusia Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses kemajuan teknologi ini dan terkonektivitas dengan sangat cepat," ujarnya. MI, 15/10/2019)
Presiden juga memerintahkan seluruh aparatur pemerintah agar memanfaatkan beroperasinya tol langit ini demi mempercepat terwujudnya birokrasi yang efisien, birokrasi yang melayani, yang meningkatkan akuntabilitas publik serta akurasi dalam kebijakan-kebijakannya.
"Bagi seluruh rakyat Indonesia, saya berpersan gunakan konektivitas digital ini dengan baik, gunakan internet secara bijak, gunakan konektivitas digital ini untuk kebaikan bersama, untuk kerukunan, untuk persaudaraan, untuk persatuan kita sebagai sebuah bangsa, serta untuk kesejahteraan dan  kemajuan Indonesia," tegas Jokowi.
Total investasi Palapa Ring; untuk Ring Barat Rp1,28 triliun, Ring Tengah Rp1,38 triliun, Ring Timur Rp5,13 triliun. ***






0 komentar: