Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Gelombang Baru Covid-19 Landa RRT!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Kamis 18-06-2020
Gelombang Baru Cobid-19 Landa RRT!
H. Bambang  Eka Wijaya

SETELAH dua bulan tak ada transmisi lokal, lockdown atas Wuhan pun telah dibuka, gelombang baru Covid-19 kembali menyerang RRT. Enam orang di pasar daging dan sayur Xinfadi,  Beijing, ditemukan positif Covid-19.
Komisi Kesehatan Tiongkok Sabtu (13/6) menyatakan, dari enam orang yang terinfeksi itu, tiga orang pekerja di pasar Xinfadi, satu pengunjung pasar, dua lainnya karyawan pusat penelitian daging Tiongkok, lokasinya 7 kilometer dari pasar.
Setelah dilacak, ternyata puluhan warga 11 kompleks perumahan di sekitar pasar Xinfadi positif Covid-19. Pasar di Distrik Fengtai, Beijing Selatan, itu pun langsung ditutup.Juga pasar ikan laut Jingshen di distrik yang sama ikut ditutup.
Pang Xinghuo, Dinas Kesehatan Kota Beijing, mengatakan otoritas setempat melakukan lockdown (karantina lokal) Distrik Fengtai sejak Jumat, pekan lalu. Ditemukan 46 kasus asimtomatik (tanpa gejala) setelah tes massal terhadap 2.000 pekerja pasar hari Jumat itu.
Mengutip BB(C, detik-health (14/6/2020) menyebutkan, kejadian ini bermula setelah 45 dari 517 orang di pasar dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes masif.
Otoritas Distrik Fengtai mengumumkan pembentukan gugus tugas perang melawan Covid-19 gelombang kedua. Sembilan sekolah dan sejumlah taman kanak-kanak di distrik itu ditutup. Anak-anak diminta belajar di rumah, dilarang berolah raga di luar ruangan.
"Ini sesuai prinsip untuk mengutamakan keselamatan masyarakat, kami telah mengambil langkah-langkah lockdown di pasar Xinfadi dan sekitarnya," kata Chu Junwei, pejabat Distrik Fengtail
Pengelola pasar Xinfadi menjelaskan, setelah dideteksi virus ditemukan di papan alas pemotong ikan salmon impor. Akibatnya, semua stok ikan salmon di pasar dan supermaket besar ditarik, menu ikan salmon di sekua restoran dihapus sementara. Bahkan di pasar distrik Fengtai, semua daging sapi, ayam, bebek, dan ikan laut diamankan.
Otoritas kota kosmopolitan Beijing yang berpenduduk 19 juta jiwa itu pun sejak Sabtu lalu melakukan ribuan tes massal terhadap setiap orang yang pernah mengunjungi Distrik Fengtai setelah 30 Mei. Hasil tes terhadap 5.000 orang pekerja pasar dan supermarket yang pernah ke Fengtai, ditemukan puluhan orang positif Covid-19.
Kasus pertama munculnya kembali Covid-19 di Tiongkok, memicu kekhawatiran masyarakat Beijing akan datangnya gelombang kedua virus korona. Direktur WHO Tedros Adhonom mengingatkan, Covid-19 belum berakhir semua negara harus waspada dan siaga. ***

1 komentar:

22 Juni 2020 pukul 12.29 Yaudah mengatakan...

main poker dengan banyak penghasilan
ayo segera hubungi kami
WA : +855969190856