Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Tercapai, Unila Terbaik 7 Nasional!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Sabtu 06-06-2020
Tercapai, Unila Terbaik 7 Nasional!
H. Bambang Eka Wijaya

PEMERINGKAT internasional perguruan tinggi UniRank melalui laman 4 international Colleges and Universities (4ICU) menempatkan Universitas Lampung (Unila) pada peringkat 7 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tahun 2019 lembaga yang sama menempatkan Unila di peringkat 9 terpopuler nasional.
Dalam daftar 50 kampus atau universitas terbaik Indonesia, UniRank menempatkan Universitas Gadjah Mada terbaik satu, disusul Universitas Indonesia di peringkat dua. Dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di peringkat tiga.
Masuk dalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia: (4). Universitas Diponegoro. (5). Universitas Brawijaya. (6). Universitas Negeri Yogyakarta. (7). Universitas Lampung. (8). Universitas Airlangga. (9). Institut Pertanian Bogor. (10). Universitas Negeri Semarang.
Adapun salah satu kriteria yang ditetapkan dalam penilaian UniRank menurut catatan Kompas.com (3/6/2020) ialah universitas harus dilisensikan atau mendapat akreditasi dari organisasi terkait yang sesuai.
Kriteria lain yang ditentukan yakni kampus di Indonesia tersebut harus menyediakan gelar sarjana dan pascasarjana.
Kriteria-kriteria khusus yang siterapkan pemeringkat ini mungkin yang membuat perbedaan dengan pemeringkat lain. Sebab ada beberapa kampus yang biasanya masuk sepuluh besar nasional, seperti ITB di versi UniRank ini peringkat 12. Juga ITS di peringkat 18, malah UNS di peringkat 23, Unhas peringkat 24. Bahkan nama Universitas Padjadjaran (Unpad) tak tercantum dalam daftar 50 universitaa terbaik di Indonesia versi UniRank.
Khusus Unila, sejak awal segenap civitas akademikanya memang berusaha keras untuk melakukan yang terbaik sehingga peringkatnya secara nasional terus naik. Geliat Unila masuk 20 besar terbaik nasional dicapai 2017, ketika hasil pemetaan mutu dan potensi perguruan tinggi Indonesia dilakukan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) menempatkan Unila di peringkat 18 terbaik.
Perjyangan panjang Unila untuk mencapai 10 besar kampus terbaik nasional itu akhirnga kini tercapai, dengan posisi terbaik 7 perguruan tinggi di Indonesia.
Sebagai hasil kerja keras segenap civitas akademika, capaian ini layak disyukuri. Selanjutnya bukan hanya mempertahankan prestasi dan reputasi yang telah dicapai itu, tetapi tetap terus meningkatkannya. Karena dalam pacuan kemajuan sekarang, prestasi dan reputasi itu adalah laju perjalanan, yang bisa dikejar dan disalip oleh semua pesaing. ***






0 komentar: