Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Penyebar Super Vovid-19 Menulari Banyak Orang!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Minggu 21-06-2020
Penyebarsuper Covid-19
Menulari Banyak Orang!
H. Bambang Eka Wijaya

PENELITIAN membuktikan rata-rata satu orang terinfesksi bisa mentransmisikan virus Covid-19 pada dua atau tiga orang lain. Namun, baru-baru ini, para ilmuwan mengidentifikasi superspreader (penyebarsuper) yang bisa menulari lebih banyak orang.
Mengutip Live Science, Kompas.Sains (Jumat, 12/6/2020) pada Januari lalu ada sebuah laporan di Wuhan tentang seorang pasien Covid-19 yang menginfeksi 14 orang tenaga medis. Hal ini menjadikan pasien tersebut penyebarsuper, orang yang mentransmisikan virus pada orang lain dalam jumlah banyak.
Sejak itu para ahli epidemiologi mulai merekam angka penyebarsuper di geberapa negara. Di Korea Selatan, sekitar 40 orang yang menghadiri ibadah di gereja terinfeksi dalam waktu yang sama. Di Washington, 32 anggota paduan suara langsung terinfeksi Covid-19 karena satu orang.
Di Chicago, sebelum physical distancing diberlakukan, seorang pasien asimptomatik (OTG) diketahui mentransmisikan Covid-19 kepada 15 orang. Ia mendatangi mulai dari tempat makan malam, pemakaman, sampai pesta ulang tahun.
Ahli epidemiologi menyebutkan, keberadaan penyebarsuper bisa mengakselerasi jumlah infeksi dan distribusi grografis penyakit Covid-19.
Elizabeth McGraw, Direktur Center for Infectious Disease di Pennsylvania State University menjelaskan, fenomena ini dan mengapa penemuan penyebarsuper penting bagi peta transmisi Covid-19.
Menurut McGraw, masuk stau tidaknya seseorang dalam kelompok penyebarsuper tergantung pada beberapa hal. Antara lain patogen dalam tubuh si pasien, kondisi biologis pasien, dan perilakunya dalam komunitas.
Perikaku seseorang, mobilitasnya, dan banyaknya kontak dengan orang lain juga berpengaruh terhadap kemungkinan seseorang menjadi penyebarsuper.
Seorang penjaga toko misalnya, bisa dengan mudah menginfeksi banyak orang karena memegang banyak benda di tokonya. Tenaga medis yang terinfeksi Covid-19 juga bisa menginfeksi banyak orang.
Sekelompok ilmuwan di Hong Kong memeriksa jumlah klaster yang terinfeksi berdasarkan contact tracing orang-orang yang berinteraksi dengan pasien Covid-19.
Dalam proses tersebut ilmuwan menemukan kasus satu pasien bertanggung jawab terhadap enam infeksi baru. Mereka lalu mengestimasi, sebanyak 20% orang yang terinfeksi Covid-19 bertanggung jawab terhadap 80% transmisi lokal di Hong Kong.
Para ilmuwan menyadari transmisi ini berkaitan erat dengan para pasien Covid-19 yang malakukan kontak sosial lebih banyak dengan orang lain. ***


1 komentar:

22 Juni 2020 pukul 12.30 Yaudah mengatakan...


poker online dengan pelayanan CS yang baik dan ramah hanya di AJOQQ :D
ayo di kunjungi agen AJOQQ :D