Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Jadi, Vaksin Gratis untuk Semua Orang!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Sabtu 19-12-2020
Jadi, Vaksin Gratis untuk Semua Orang!
H. Bambang Eka Wijaya

AKHIRNYA Presiden Joko Widodo menyetujui usul dari berbagai pihak agar vaksiniasi Covid digratiskan kepada semua orang Indonesia. Dengan digratiskan vaksin kepada semua orang, kesemestaan dalam menghabisi virus Corona dari bumi Indonesia bisa diwujudkan.
Kejutan berikutnya, Presiden Jokowi bersedia menjadj orang pertama yang disuntik vaksin. Ini menjadi jaminan vaksin aman bagi semua, hingga masyarakat tak perlu ragu keamanan vaksin gratis yang mereka dapatkan.
"Jadi setelah menerima masukan dari masyarakat, dan setelah kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin Covid untuk masyarakat gratis," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (16/12) yang tayang di akun Youtube Sekretariat Presiden.
"Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali. Untuk itu saya instruksikan kepada seluruh kabinet, kementerian/lembaga, pemda untuk prioritaskan program vaksinasi tahun anggaran 2021," tegasnya.
Selain itu, Jokowi juga msnginstruksikan Menteei Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain terkait ketersediaan vaksin gratis.
"Sehingga, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak dapat vaksin," jelas Jokowi.
Selanjutnya Jokowi menegaskan dirinya akan menjadi penerima pertama vaksin virus Corona di Indonesia. Keputusa ini diambil guna meyakinkan masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman.
"Saya juga ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama divaksin, pertama kali," tegasnya.
Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan penuh disiplin.
Dengan menggratiskan vaksin untuk semua warga negara itu, Indonesia menempatkan diri sejajar dengan negara-negara maju yang lebih dahulu memutuskan vaksi gratis bagi semua warganya, seperti AS, Jerman, Inggris, Prancis, dan Singapura.
Bagi warga Indonesia ini merupakan keadilan bagi semua, termasuk bagi kelompok ekonomi mampu yang pada akhirnya melalui pajaknya yang lebih besar akan memikul beban pembayaran utang negara untuk membeli vaksin sesuai kapasitas ekonominya.
Terpenting lagi, dengam tercapainya tingkat kesemestaan dalam memutud rantai penularan Covid-19, maka seluruh warga bangsa telah kebal dari virus tersebut sehingga tidak ada lagi celah untuk dijadikan inang bagi sang virus untuk bertahan di Indonesia.
Diharapkan, selesai vaksinasi semesta bagi seluruh warga Indonesia, kehidupan bangsa akan kembali normal seperti sedia kala. ***






0 komentar: