Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Membangun Generasi Baru Jawi!


"RINTISAN jaringan kerja sama antarperguruan tinggi Islam ASEAN dilakukan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung guna dalam jangka panjang membangun generasi baru Ashhab Al-Jawiyyin alias Jawi!" ujar Umar. "Jawi itu dahulu masyarakat berbudaya Melayu Islam di nusantara (ASEAN), yang peradabannya berkembang dengan aksara Arab gundul seperti yang masih dipakai pada kitab kuning di pesantren Indonesia dewasa ini!" 

"Pada masanya dahulu, aksara Jawi selain untuk mengembangkan ajaran Islam, juga dipakai kesusastraan Melayu dari cerita fiksi dan pantun!" timpal Amir. "Mengingat begitu pentingnya budaya baca tulis dalam kehidupan masyarakat Melayu dahulu, pada seminar Pendidikan Islam Asia Tenggara di Novotel Selasa (12/11), sejumlah perguruan tinggi Islam ASEAN bersepakat membentuk jaringan, untuk kemudian menerbitkan jurnal ilmiah internasional bernama Jawi sebagai peranti memajukan peradaban generasi baru Jawi!"

"Jaringan dan harapan ke depan itu dijalin berdasar fakta sejarah peradaban Jawi mampu berkembang menciptakan kerajaan-kerajaan Islam kuat dari pesisir Pattani di Thailand ke Malaysia/Singapura, Brunei, Indonesia dari Aceh ke Ternate dan Tidore di timur serta ke utara sampai Mindanao, Filipina, sebagai kesatuan kebudayaan Melayu nusantara!" tegas Umar. 

"Dari proses itu, suatu generasi baru Jawi yang terbangun dalam peradaban harmonis antara dinniyah dan kontekstualnya diharapkan bisa menjadi untaian mutiara baru di tengah peradaban dunia yang kian rentan konflik!" "Jaringan baru itu bukan gerakan tunggal! 

Banyak gerakan sejenis sudah lebih dahulu berjalan, nantinya bisa saling memperkuat!" timpal Amir. "Salah satu yang dihadiri Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat, sebagai keynote speaker untuk acara Democratic and Economic Youth Summit 2013 di Istanbul, Turki, 26 Oktober!" (FB, Syaiful Anwar, 29/10)

"Heryawan berharap masyarakat Melayu Islam dapat giliran memimpin peradaban dunia!" tegas Umar. "Ia kutip futuris, bangsa-bangsa besar sudah mengalami, mendapatkan jatah kepemimpinan. Arab sudah, Arab di bagian barat sudah di Cordoba, Turki sudah, Mongolia sudah menaklukkan Bagdad! Ada satu etnis besar yang belum, itulah etnis Melayu! Jadi, bangkitlah generasi baru Jawi!" ***

0 komentar: