Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Komitmen Afsel, Palestina Merdeka!


"MENGHARUKAN! Setelah berkisah kerasnya perjuangan rakyat Afrika Selatan meraih kemerdekaan yang 20 April nanti genap 20 tahun, menteri luar negerinya Maite Nkoana Mashabane menukas, tetapi kemerdekaan kami belum komplet tanpa kemerdekaan Palestina!" kutip Umar. "Komitmen itu ia tegaskan di depan Menlu RI Marty Natalegawa, Menlu Jepang Rumio Kishida, dan Menlu Palestina Moshe Yaloon di Conference Among East Asia Countries for Palestinian Development (CEAPAD)-II di Jakarta, Sabtu." (Kompas.com, 1/3) 

"Kehadiran Mashabane di Jakarta untuk meluncurkan program New Asia-Africa Strategic Partnership (NAASP) fase kedua mengenai pembangunan Palestina yang dilakukan dalam pelaksanaan CEAPAD," timpal Amir. "Sebelumnya dukungan pada Palestina dari peserta CEAPAD, negara-negara ASEAN, Jepang, dan China. CEAPAD dimotori Jepang untuk membangun kesadaran membantu rakyat Palestina melalui bantuan kemanusiaan, ekonomi, dan pelatihan tenaga kerja!"

"Kemerdekaan Afrika Selatan, seperti juga kemerdekaan Indonesia, dicapai lewat perjuangan penuh pengorbanan jiwa dan raga melawan penjajah kejam, menjadi inspirasi yang sebanding bagi perjuangan kemerdekaan Palestina melawan Yahudi Israel yang bengis!" tegas Umar. 

"Afrika Selatan yang baru diakui masuk negara emerging forces bersama Brasil, Rusia, India, dan China (BRIC), menjadi kekuatan penting bersama China dan Jepang yang terpadu mendukung perjuangan Palestina dalam NAASP!" "Dukungan pada Palestina dari luar dunia Arab dan Islam amat strategis, terutama untuk menyadarkan para pembela Israel, yakni Amerika Serikat, Inggris, Prancis, atas segala kekejian Israel terhadap rakyat Palestina!!" tukas Amir. 

"Sekian tahun hingga kini Israel memblokade ekonomi Jalur Gaza, setiap warga Gaza mulai hidup normal kembali diserang dengan artileri berat dan serangan udara hingga luluh lantak! Di Tepi Barat, setiap Israel mempersempit wilayah Palestina dengan membangun perumahan baru! Untuk semua kekejian Israel itu, para pembelanya selalu tutup mata, bahkan memberikan pembenaran!" 

"Karena itu, gugusan-gugusan pendukung perjuangan rakyat Palestina seperti CEAPAD yang dimotori Jepang dan NAASP yang digalang Afrika Selatan menjadi penting bagi menyadarkan para pembela Israel bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa!" tegas Umar. "Palestina juga harus merdeka seperti Afrika Selatan, Indonesia, dan negara-negara merdeka lainnya di muka bumi!" ***

0 komentar: