Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Ulama Harus Selamatkan Bangsa!


"MAHFUD M.D., mantan ketua Mahkamah Konstitusi, mengimbau para ulama untuk turun tangan menyelamatkan situasi bangsa Indonesia yang memburuk!" ujar Umar. "Hal itu terlihat, ujarnya, negara Indonesia kaya tapi rakyat banyak yang miskin karena terjadi ketidakmerataan distribusi ekonomi!" (Antara, 7/3) 

"Menurut dia, ketidakadilan dalam struktur ekonomi menyebabkan masyarakat bertindak destruktif, misalnya melakukan kekerasan dan saling membunuh! Sebab itu, ulama dipanggil untuk membantu memperbaiki kondisi masyarakat!" timpal Amir. "Saran Mahfud, para ulama turun langsung menyadarkan masyarakat pelaksanaan pemilu untuk memperbaiki kondisi bangsa! Ulama harus membangun kesadaran politik di tengah-tengah kondisi masyarakat yang pragmatis!"

"Maksudnya tentu, sadarkan masyarakat pemilu itu peranti memperbaiki bangsa sekaligus memperbaiki nasib rakyat, karena itu suara jangan dijual, tapi gunakan sebaik-baiknya untuk tujuan tersebut!" tegas Umar. 

"Bagaimana cara menggunakan sebaik-baiknya suara dalam pemilu, ulama ajari lewat tausiahnya!" "Pemilu memang momentum untuk memperbaiki kondisi masyarakat bangsa melalui perubahan pemerintahan!" tukas Amir. 

 "Namun, perubahan pemerintahan saja tak cukup jika tak mampu mereformasi birokrasi sehingga birokrasi sebagai mesin pemerintahan benar-benar menjalankan visi dan misi pemerintah yang berkuasa! Pengalaman selama reformasi, penguasa gagal mengendalikan mesin birokrasi, hingga meski selama reformasi gonta-ganti pemerintahan, birokrasinya tetap saja bekerja seperti masa sebelum reformasi!" 

"Celakanya justru elite penguasa dan politikusnya tertular dan terjangkit wabah yang endemik pada birokrasi—KKN—itu!" tegas Umar. "Oleh sebab itu, kondisi bangsa pun rusak lebih parah, bahkan lebih buruk dari era sebelum reformasi!" 

"Untuk itu, saatnya amat tepat bagi ulama untuk bukan saja turun ke masyarakat membangun kesadaran pemilu sebagai jalan perbaikan nasib rakyat, melainkan juga menemui elite dan politikus mengingatkan jangan tertular wabah KKN dari birokrasi, sehingga sadar pentingnya reformasi birokrasi untuk segera dilakukan siapa pun yang tampil berkuasa!" tukas Amir. 

"Dengan visi dan misi yang benar dari pemenang pemilu, dilaksanakan dengan semestinya oleh birokrasi pemerintahan, kondisi masyarakat yang rusak akan mendapat perbaikan dan kesejahteraan rakyat niscaya akan meningkat!"

0 komentar: