Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Sadiq Khan Jadi Wali Kota London!

SADIQ Aman Khan, 45, kandidat Partai Buruh, terpilih jadi wali kota London, Inggris, Jumat (6/5/2016). Ia mengalahkan rival dari Partai Konservatif, Zac Goldsmith (41). Khan mengukir sejarah, kali pertama seorang muslim memimpin kota London. 


Namun untuk Eropa, Ahmed Aboutaleb muslim pertama jadi wali kota, di Rotterdam, Belanda. 

Menurut The Guardian, Khan memenangi pemilihan dengan perolehan 44% suara, sedangkan Goldsmith 35%. Walaupun belum ada pengumuman resmi, media sudah memastikan kemenangan Khan saat perhitungan suara mencapai 80%. (Kompas.com, 7/5/5016) 

Ia akan menggantikan Boris Johson, wali kota sebelumnya.

Sadiq Khan anak imigran asal Pakistan. Ayahnya bekerja sebagai sopir bus di London. Sadiq lahir 1970, dibesarkan di rumah susun dengan enam kakak dan adik di Tooting, London Selatan dengan etnis beragam. (detiknews, 7/5/2016) 

Dengan latar belakang itu serangan berbagai isu dari Goldsmith, justru efektif membangun solidaritas kelompok minoritas di London untuk mendukung Khan. Saat dituduh terkait gerakan ekstremisme Islam Khan yang pengacara hak asasi manusia menegaskan dirinya menentang radikalisme. 

Laman web politicalscrapbook.net melaporkan, kota-kota kecil dengan kelompok etnik minoritas member dukungan kepada Khan hingga 60%. Imigran Asia dan kulit hitam, Muslim, Sikh, Hindu, dan terutama India, juga mendukung Khan. 

Kantor berita AFP mencatat, kampanye kotor Goldsmith memicu preferensi para pemilih untuk beralih memilih Khan. Zac Goldsmith anggota parlemen dari Partai Konservatif, putra taipan keuangan James Goldsmith. 

Terpilihnya Sadiq jadi wali kota merupakan resultan dari ledakan populasi muslim di Inggris. Data Badan Statistik Nasional dikutip The Telegraph (31/1/2016), saat ini ada 3.114.992 muslim, atau 5,4,% dari populasi Inggris dan Wales. 

Saat ini di beberapa bagian London, hampir setengah populasinya muslim. Persentase warga muslim terbanyak di Tower Hamlet, London Timur, dengan 45,6%. Tetangganya, Newham, 40,8%. Di luar Ibu Kota, populasi muslim terbesar di Blackburn, Lancashire, 29,1% dari populasi. Sementara Slough dan Luton, seperempat penduduknya muslim. Juga di Birminghamdan Leicester (juara baru liga), seperlima dari populasi. (CNN-Indonesia, 1/2/2016)

Berkat kurikulum kewarganegaraan Inggris yang disusun Sajid Hussain dari Universitas Oxford untuk sekolah umum dan madrasah (bbc.com), umat Islam jadi warga Inggris yang baik. Kesetiaan kepada negara pun teruji untuk jadi wali kota London. ***

0 komentar: