Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Anak Muda Indonesia Terbahagia di Dunia!

HASIL survei Varkey Foundation dari Inggris menyebutkan anak muda di Indonesia paling bahagia di dunia. Survei dilakukan di 20 negara September-Oktober 2016 dengan responden anak-anak muda yang lahir pada periode 1995-2001, yang juga dikenal dengan Generation Z.
"Anak-anak muda di Indonesia mencatat level tertinggi untuk kebahagiaan dengan skor bersih 90%, diikuti Nigeria, Israel, India, Argentina, dan AS. Ini menunjukkan tinggal di negara yang relatif makmur dan maju secara ekonomi tak serta merta menjamin kebahagiaan," kata tim peneliti Varkey Foundation. (detikNews, 10/2/2017)
Untuk parameter kebahagiaan secara keseluruhan, yang antara lain bertanya tentang kepuasan terhadap hidup yang dialami atau dihadapi saat ini, kaum muda di Indonesia menempati posisi teratas.
Selain Indonesia, negara yang disurvei Nigeria, Israel, India, Argentina, AS, Tiongkok, Rusia, Kanada, Brasil, Afrika Selatan, Jerman, Italia, Inggris, Prancis, Australia, Selandia Baru, Turki, Korea Selatan, dan Jepang dengan jumlah responden sekitar 20 ribu orang.
Mereka mendapat pertanyaan soal tingkat optimisme, kepercayaan diri, dan perasaan dicintai. Untuk Indonesia, komitmen terhadap agama menjadi penyebab utama kebahagiaan. Hal sama terlihat di Nigeria, Turki, Tiongkok, dan Brasil.
Anak-anak muda di Indonesia mengaku memiliki kesehatan emosional yang baik, 40% mengaku tak merasa cemas, tidak di-bully, dan tidak merasa kesepian.
Para peneliti juga melakukan kajian lebih jauh dengan bertanya faktor yang mendorong kebahagiaan, faktor tertinggi yang menyebabkan kebahagiaan adalah kesehatan fisik dan mental.
Di Inggris, anak-anak muda yang disurvei mengaku memiliki kesehatan mental yang rendah, hanya 15% yang mengatakan punya waktu cukup untuk istirahat dan berolahraga. Sama dengan mayoritas negara yang diteliti, anak-anak muda di Inggris pesimistis dengan masa depan mereka. Indonesia, Tiongkok, dan India tidak mengikuti tren itu.
Hasil survei Varkey Foundation ini positif bagi bangsa Indonesia, anak-anak muda kelompok usia 17 sampai 22 tahun terbukti paling bahagia di dunia. Hasil survei membuktikan anak muda Indonesia memiliki optimisme, percaya diri, dan perasaan dicintai yang tinggi dengan komitmen terhadap agama yang kuat.
Generasi Z kini berada di kelas dua SMA sampai kuliah di Strata I, tak ada alasan pesismis terhadap masa depan mereka. Sebaliknya, mereka bisa diharap menjadi generasi terbaik yang dimiliki bangsa. ***

0 komentar: