Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Belanda Favorit, Spanyol Memikat!


"LOLOS ke final setelah unggul 3-2 dari Uruguay lewat peningkatan kerja sama tim yang cukup signifikan, Belanda kian difavoritkan menjuarai Piala Dunia 2010!" ujar Umar. "Namun, untuk di final jumpa Spanyol yang bermain memikat saat menaklukkan Jerman 1-0 di semifinal, Belanda harus membenahi serius sektor pertahanannya! Karena, Belanda masih kecolongan dua gol dari Uruguay tanpa Luis Suarez—striker Ajax Amsterdam—yang paham gaya pertahanan Belanda!"

"Kerapuhan pertahanan Belanda itu memang bisa memupus impian memenangi pertandingan final, andai Spanyol bisa mengulangi permainan possession football yang nyaris sempurna seperti saat menaklukkan Jerman!" sambut Amir. "Attacking football membuat Belanda jadi bermain long passing, akan mudah dipatahkan Spanyol yang kemudian mendominasi dengan permainan shot passing—terakhir menjadi kekhasan sekaligus keunggulan Spanyol!"


"Keunggulan nyata Belanda dalam pengalaman, dua kali jadi finalis Piala Dunia, 1974 dan 1978! Sedang Spanyol, prestasi terbaiknya juara empat Piala Dunia 1950 di Brasil!" tegas Umar. "Namun, selain juara Euro 2008 dengan menekuk Jerman di final dan mengulangnya di semifinal Piala Dunia, untuk pertama dalam sejarah, Juli 2008 Spanyol tercatat di puncak FIFA World Ranking, menjadi negara keenam yang pernah memuncakinya dan Spanyol satu-satunya yang belum pernah juara Piala Dunia! Antara November 2006 sampai Juni 2009, Spanyol tak terkalahkan pada 35 pertandingan internasional sebelum dikalahkan AS di Piala Konfederasi! Rekor itu teratas, setara Brasil!"

"Dengan kata lain, penanjakan prestasi Spanyol menuju puncak tahapan prosesnya bersifat historis terekam jejaknya oleh FIFA, selangkah demi selangkah dari November 2006 hingga ke final Piala Dunia 2010!" timpal Amir. "Peningkatan catatan prestasi itu seiring dengan peningkatan kualitasnya di pentas dunia! Artinya, jika Spanyol Senin dini hari jadi juara dunia, a-b-c prosesnya bisa dipelajari negara yang ingin menyamainya!"

"Tapi faktor luck—keberuntungan—masih 51 persen menentukan hasil sepak bola!" tegas Umar. "Itu sebabnya, tim Belanda yang ditangani pelatih Bert van Marwijk bisa mencapai prestasi lebih baik daripada saat ditangani pelatih terkenal seperti Hiddink, Johan Cruyff, Marco van Basten, Frank Rijkaard! Siapa tahu faktor luck era Van Marwijk bisa bablas sampai jadi juara Piala Dunia!"

"Kalau bisa jadi juara Piala Dunia tentu tak cuma faktor luck!" timpal Amir.

"Buktinya Indonesia yang cuma mengandalkan faktor luck, untuk juara tingkat ASEAN saja tak bisa!"

0 komentar: