Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Belanda Vs Brasil, Kontroversi Wasit!


"MALAM nanti drama Piala Dunia 2010 berlanjut, Belanda dan Brasil harus saling menyingkirkan agar masuk semifinal!" ujar Umar. "Sama piawai dribbling-nya, siapa lebih unggul Arjen Robben dan Robinho? Trio Robben, Van Persie, Kuyt, atau trio Robinho, Kaka, Fabiano?"

"Dalam perjalanan kedua tim sampai perempat final, Belanda masih seperti dinilai Johan Cruyff, soliditas tim kurang prima! Sebaliknya Brasil, sejak pertama turun menekuk Korea Utara 4-0, soliditas timnya lebih baik--meski permainannya belum determinatif!" sambut Amir. "Lalu, apakah pada laga hidup-mati bagi nasib timnya di Piala Dunia ini kedua tim akan mampu mengaktualisasikan permainan terbaiknya, tak mudah dijawab! Sebab, kembali ke Johan Cruyff, membangun soliditas tim perlu waktu lama, yang berati belum tentu cukup hanya lewat empat pertadingan sampai 16 besar!"


"Karena itu, dilihat dari sisi Belanda yang belum pernah menjuarai Piala Dunia (Brasil lima kali juara Piala Dunia), kehadiran mereka kali ini mungkin tak bisa disamakan dengan 1974 dan 1978 saat mencapai final berkat total football yang prima dimainkan Johan Cruiff dan kawan-kawan!" tegas Umar.

"Namun, dilihat dari sisi Brasil, peluang Belanda tidak tertutup karena yang dihadapi--Robinho, Kaka, dan Fabiano juga belum sekelas kuartet Roro--Ronaldo, Ronaldinho, Roberto Carlos, Romario di masa puncaknya! Apalagi era Pele-Garrincha! Jadi bisa dikata, untuk pertemuan nanti malam, Belanda-Brasil 50-50."

"Seandai kedua tim turun full team seperti babak sebelumnya, pemain yang bisa menjadi penentu hasilnya mungkin Robben dan Fabiano!" timpal Amir. "Kedua pemain punya kebiasaan berbeda! Robben sering mencetak gol lewat dribel bola dari tepi lapangan lalu masuk ke tengah sampai jarak tembak dan melepas tendangan keras! Sedang Fabiano seperti seniornya Ronaldo, lewat umpan terobosan yang menembaknya ke gawang lawan melihat situasi, tak selalu langsung tendang keras! Sering digocek dulu guna menciptakan momentum gol--kiper mati langkah hingga arah bola tak terjangkau--cukup dicolok asal bola masuk jaring! Peluang keduanya untuk unjuk kebolehan itu, juga 50-50."

"Dengan demikian, hasil akhirnya bisa-bisa malah ditentukan oleh wasit, karena di Piala Dunia 2010 ini relatif banyak putusan kontroversial! Seperti saat Jepang lawan Paraguay, kalau tabrakan pemain Paraguay jatuh, Jepang kena free kick! Tapi di tabrakan lain Jepang yang jatuh, Jepang juga yang kena free kick! Apa pun terjadi, yang salah Jepang!" tegas Umar. "Jadi, siapa lebih diuntungkan putusan kontroversial wasit yang akan maju ke semifinal!"

0 komentar: