Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Spanyol Raih Takdir Juara Piala Dunia!


"HANYA takdir, suratan nasib sebuah bangsa, yang menentukan Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010!" ujar Umar. "Dengan itu Piala Dunia di Afrika Selatan memberi pelajaran penting umat sejagat, takdir harus diraih dengan usaha atau ikhtiar maksimal! Seperti Spanyol, usaha itu berlatih keras mewujudkan kerja sama tim yang terbaik, taktis, dan strategi yang matang, diamalkan dalam perjuangan pantang menyerah!"

"Dengan takdir sebagai buah usaha dan ikhtiar maksimal itulah, Johan Cruyff, sang megabintang Belanda, sejak awal tak terlalu yakin tim negerinya bisa jadi juara dunia 2010! Ronald Koeman dan Frank Rijkaard bahkan membuat pernyataan senada setelah Belanda menjadi finalis di Afrika Selatan!" sambut Amir. "Alasan mereka sederhana, dalam berbagai segi ikhtiar dimaksud, apa yang dilakukan Timnas Belanda tak sebaik Spanyol! Artinya, bagi para tokoh sepak bola Belanda itu, dari usaha dan ikhtiar mambangun kapasitas tim, Spanyol lebih layak menjadi juara!"


"Perkiraan Cruyff dan kawan-kawan itu terbukti!" tegas Umar. "Pengalaman dua kali menjadi finalis Piala Dunia tidak memberi nilai lebih, dibanding Spanyol yang baru pertama jadi finalis!"

"Betapa pentingnya hikmah dari totalitas nilai Piala Dunia bisa dilihat, sihirnya mencapai Cikeas--di mana Presiden SBY nonton bareng dengan sejumlah menteri kabinetnya!" timpal Amir. "Tentu hal itu tak lepas dari kerinduan memiliki tim nasional sepak bola yang berkiprah di pentas Piala Dunia! Tapi sayang, hasrat itu cuma bisa dipendam Presiden atau Menteri Olahraganya, karena haram bagi FIFA pemerintah campur tangan dalam organisasi sepak bola negerinya, seperti PSSI. Sebesar apa pun pemerintah menginginkan itu, no way! Jadi, lebih tepat menarik hikmah Piala Dunia untuk membentuk tim pemerintahan setangguh tim Spanyol, dari pusat sampai daerah!"

"Prinsipnya membangun takdir bersama sebuah bangsa untuk menjadi bangsa yang tangguh!" tegas Umar. "Tentu dimulai dari negara yang direpresentasikan pemerintah, lalu oleh warga dalam segala jalur kehidupan! Semua berikhtiar meraih takdir bersama lewat usaha mewujudkan kerja sama tim terbaik, dengan taktik dan strategi matang, berjuang pantang menyerah!"

"Lewat menonton Piala Dunia kita menyadari betapa untuk hal-hal elementer itu saja kita masih kedodoran!" timpal Amir. "Tak banyak pemimpin berorientasi meraih takdir bersama sebuah bangsa, karena lebih berjuang demi kekuasaan diri, keluarga, dan kelompoknya belaka!"

0 komentar: