Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Indonesia Bisa Tekuk Malaysia!

"SENIN (21-11) petang ini Timnas Garuda Muda U-23 bertarung di final sepak bola SEA Games ke-26 lawan Malaysia, yang di babak penyisihan unggul satu gol dari tuan rumah!" ujar Umar. "Kekalahan tuan rumah itu diberi excuse, yang diturunkan tim lapis kedua karena meski kalah sudah pasti masuk semifinal! Dengan tim inti diturunkan sore ini, tim Indonesia optimistis bisa menekuk Malaysia!" "Sebenarnya kemampuan timnas sepak bola kita menaklukkan Malaysia sudah dibuktikan dalam pertandingan kandang (home) di Stadion Gelora Bung Karno pada final AAF 2010, cuma waktu itu kalah agregat, sehingga Malaysia juara!" timpal Amir. "Artinya, timnas kita bisa menang dari Malaysia adalah fakta, bukan utopi! Kali ini semangat penaklukan pada Malaysia membara lebih disulut oleh optimisme untuk bisa revans atas gelar juara (AFF) yang telah direbut Malaysia, dengan merebut juara sepak bola SEA Games sekaligus melengkapi kekampiunan bangsa Indonesia sebagai juara umum!" 

"Melengkapkan medali emas sepak bola pada gelar juara umum SEA Games tidak mudah meski peluang untuk itu (tim sepak bola masuk final) telah dicapai seperti pada SEA Games Jakarta 1979, yang waktu itu juga digagalkan tim Malaysia!" tegas Umar. "Pengalaman waktu itu, yang belum dibakar konkurensi sepanas sekarang pun, faktor negatif atau blunder yang menyebabkan timnas kita kalah adalah sikap overmotivated pemain dan ofisial! Overmotivated menyulut emosi sundul ubun-ubun, akibatnya kontrol diri lemah bahkan otot dan sendi jadi tegang, sehingga kemampuan teknis tak mengaktual maksimal!" 

"Gejala overmotivated itu juga terjadi dalam final AAF 2010, terutama justru saat tandang (away) di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, mengakibatkan timnas kita kalah lebih dari satu gol!" timpal Amir. "Itu berarti overmotivated masih tetap menjadi ancaman dari dalam diri pemain dan ofisial kita di final sepak bola SEA Games petang nanti! Masalah ini sukar diatasi karena motivasi justru merupakan inti dari semangat juang! Sedang takarannya akan naik dengan sendirinya, terutama saat tantangan menekan dirinya lebih berat!" "Memang, semua itu sering terjadi serta-merta ketika kondisi fisik dan teknis cenderung mulai kedodoran!" tegas Umar. 
"Kemungkinan begitu bukan mustahil, mengingat kualitas kerja sama tim Malaysia sedikit lebih baik! Sehingga, hal terpenting untuk mengatasinya adalah siapnya dimainkan sebuah strategi mengatasi sedikit keunggulan lawan tersebut! Jika itu bisa dilakukan, kelebihan kualitas pribadi pemain kita bisa bicara lebih efektif! Selamat bertanding!" ***

0 komentar: