Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Polisi Kepung Lampung Utara!

"SENIN pagi ini, Polda Lampung gelar pasukan di Mapolres Lampung Utara dengan kekuatan 796 personel gabungan dari berbagai satuan untuk membasmi begal di wilayah Lampung Utara!" ujar Umar. 

"Terakhir, alim ulama daerah itu yang tergabung dalam Nahdlatul Ulama (NU) memberi isyarat, kalau dalam waktu tiga bulan aksi begal tak habis di Lampung Utara, kepala polisi resort (kapolres) setempat supaya mundur!" "Masyarakat kabupaten itu memang sudah amat resah dengan semakin merajalelanya aksi begal!" tegas Amir. "Warga telah melakukan gerakan perlawanan terhadap begal! Tapi, saat mengejar begal, justru warga yang tewas ditembak begal! Kenyataannya, begal bersenjata api, sedang warga cuma pakai golok! Pertarungan hidup-mati menjadi risiko melawan begal! Kebanyakan warga tak berani melawan dan menyerahkan harta miliknya?motor sampai dompet?kepada begal! Begal pun kian menjadi-jadi!"

"Kali ini polisi serius mau menghabisi aksi begal di Lampung Utara! Tak ada ampun buat begal!" timpal Umar. "Dengan pasukan sebanyak itu, jika strateginya bagus, bisa menyikat habis semua begal di kawasan itu! Operasi sapu bersih begal itu bisa memanfaatkan informasi dan identifikasi polsek dengan kejadian-kejadian yang belum ditindaklanjuti karena kurangnya personel! Tanpa petunjuk awal daftar tercurigai begal, terutama terkait kasus yang belum selesai, bisa lebih sukar menumpasnya!" 

"Tanpa informasi dan identifikasi awal, pelaku begal justru bisa membahayakan personel polisi!" tegas Amir. "Karena begal daerah itu lebih nekat jika menghadapi polisi! Seorang kapolsek dari Way Kanan beberapa waktu lalu tewas ditembak begal di jalan lintas tengah kawasan itu saat memburu begal yang dia pergoki aksinya!" "Artinya, anggota polisi tak boleh gegabah dalam menghadapi begal di Lampung Utara!" timpal Umar. 

"Soalnya, begalnya berpengalaman dalam aksinya, sedang polisinya banyak yang belum berpengalaman membasmi begal! Faktor pengalaman itu tak bisa disepelekan!" "Dengan top list terduga begal dari semua polsek disusun rencana operasinya, tindakan banyak polisi mengepung Lampung Utara bisa efektif!" tegas Amir. "Lain kalau tak jelas siapa sasaran yang diincar saat melakukan pengepungan?banyak anggota polisi itu cuma jadi turis lokal, cuci mata di pelosok Lampung Utara!" ***

0 komentar: