Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Gairah Baru Usaha Transportasi!

"KEBIJAKAN pemerintah menaikkan harga BBM bisa menyulut gairah baru usaha transportasi!" ujar Umar. "Karena, kebijakan itu membuka peluang pada usaha transportasi untuk menyesuaikan tarif angkutan sesuai dengan biaya operasional yang realistis! Hitungan biaya yang tidak lagi membuat perusahaan otobus (PO) menunggak pajak kendaraan bermotor (PKB) agar tak lagi melakukan kanibalisasi—memereteli onderdil satu kendaraan untuk dipasang ke kendaraan lain agar tetap jalan!" 

"Untuk menyehatkan usahanya, para pelaku bisnis transportasi memang harus transparan, membuka seterang-terangnya kepada publik segala masalah di bidang usahanya!" timpal Amir. "Lewat acara buka-bukaan itu dibuat kalkulasi yang benar secara apa adanya! Itu dari segi tarif! Lalu dari segi persaingan tidak sehat, jangan segan-segan buka banyaknya armada gelap, yang aman beroperasi tanpa izin usaha dan trayek karena menjadi ATM berjalan oknum-oknum yang semestinya berkewajiban menindak armada gelap itu!"

"Paling ironis, dalam catatan statistik usaha bidang transportasi itu selalu leading dalam mencatatkan sumbangan pada pertumbuhan ekonomi daerah!" tukas Umar. "Tapi kenyataan di lapangan, banyak PO jumlah armadanya justru terus menyusut! Usaha transportasi yang tumbuh pesat dalam data statistik itu justru armada gelap yang beroperasi melawan hukum tentang izin usaha dan izin operasi!" 

"Dengan itu, gairah baru usaha transportasi di Lampung selayaknya didorong memanfaatkan kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM, sebagai rebound atas kerontokan bidang usaha ini yang juga terjadi akibat penaikan harga BBM 1 Oktober 2005 dari premium Rp2.400/liter menjadi Rp4.500/liter, dan solar dari Rp2.100/liter jadi Rp4.300/liter!" timpal Amir. 

"Bangkitkan sesuatu di tempat jatuhnya! Untuk itu jelas, peran Organda amat strategis lewat grand design yang multidimensi, kebangkitan seperti apa yang ingin diwujudkan!" "Maksudnya tentu, mengakhiri cerita sukses Organda sebagai mitra penguasa jika akhirnya cuma membuat anggotanya lebih ahli dalam kanibalisasi armadanya sendiri!" tegas Umar. "Masak untuk mengatasi armada gelap saja Organda dari zaman ke zaman tak berhasil! Padahal Organda itu organisasi orang berduit, para pemilik usaha otobus!" ***

0 komentar: