Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Trisaka, Tiga Pilar Ekonomi!


"SEPERTI The New Deals dari Presiden Roosevelt saat mengatasi resesi ekonomi 1930-an, guru besar ekonomi Universitas Gadjah Mada, Sri Adiningsih, memaparkan Trisaka, program aksi ekonomi Jokowi-JK jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden!" ujar Umar. 

"Trisaka atau tiga pilar itu (1) berfokus pada pembangunan manusia, (2) peningkatan daya saing dan produktivitas rakyat, (3) pembangunan ekonomi mandiri!" (Kompas.com, 6/6)

Apa hubungan Jokowi-JK dengan UGM maupun Sri Adiningsih?" potong Amir. "Jokowi itu alumnus UGM!" jelas Umar. "Pantas, pola hidup sederhana Jokowi 'UGM banget'!" entak Amir. "Sri Adiningsih memaparkan itu di acara Forum Ekonomi Megawati Institute, Kamis (5/6)," lanjut Umar. 

"Untuk pembangunan manusia, diterapkan kebijakan Indonesia pintar, Indonesia kerja, dan Indonesia sejahtera!" "Bisa ditebak, kebijakan Indonesia pintar sebagai perluasan dan peningkatan Kartu Jakarta Pintar!" timpal Amir. "Indonesia kerja pasti prioritas membuka lapangan kerja, dan Indonesia sejahtera intinya peningkatan Kartu Jakarta Sehat!"

 "Artinya mengamalkan apa yang sudah terbukti bisa dilaksanakan!" tegas Umar. "Daya saing dan produktivitas rakyat ditingkatkan dengan membangun infrastruktur, pasar tradisional dan sentra perikanan, investasi mudah dan menarik, serta menjadikan BUMN sebagai agen pembangunan!" 

"Programnya jelas apa saja yang menjadi prioritas!" tukas Amir. "Dengan begitu, semua jenjang pemerintahan dari pusat ke daerah mudah mengikutinya!" "Itu salah satu penerapan kesederhanaan dalam penyiapan program sehingga tak berbelit atau simpang-siur agar tak ada alasan untuk penyimpangan!" tegas Umar. 

"Kemudian untuk ekonomi mandiri, yang dilakukan memperbaiki kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kedaulatan keuangan, serta penguatan teknologi!" "Cuma itu? Secara keseluruhan tampak program unggulannya sederhana, cukup masuk akal untuk bisa diwujudkan, tidak muluk-muluk!" tukas Amir. 

"Dengan itu harapan programnya memberi manfaat langsung kepada rakyat tak berlebihan!" "Faktor kesederhanaan program untuk memudahkan rakyat berpartisipasi dalam pembangunan, dengan rasionalitas programnya bisa diwujudkan sehingga rakyat tidak frustrasi, tentu telah menjadi pertimbangan guru besar ekonomi UGM itu dalam menuangkan gagasan Jokowi!" timpal Umar. "Itulah keistimewaan program aksi the new deals Trisaka!" ***

0 komentar: