ALIBABA, grup bisnis digital global asal Tiongkok, membuka pesta belanja online
11.11 Global Shopping Festival 2017 di Mercedes Benz Arena, Shanghai,
oleh sejumlah artis dunia dari Pharrel Williams hingga mantan bintang
sepak bola Portugal, Luis Figo. Pada 12 jam pertama festival itu
berhasil meraih penjualan secara global sebesar 17,5 miliar dolar AS
atau sekitar Rp232 triliun.
Event tahunan festival belanja berskala global tersebut
dilaksanakan setiap tanggal 11 bulan 11 sejak tahun 2009 oleh Alibaba
Group. "Event 11.11 Global Shopping Festival adalah kolaborasi
bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pengecer, perusahaan
logistik, institusi keuangan, toko online dan offline,
serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia. Ini adalah panggung besar
untuk menampilkan inisiatif retail baru yang dipelopori oleh Alibaba,"
ujar CEO Alibaba Group Daniel Zhang saat pembukaan acara (Kompas.com,
11/11).
Vice Chairman & Co-founder Alibaba, Joe Tsai, mengatakan dengan gelaran pesta belanja online
ini diharapkan tingkat konsumsi masyarakat Tiongkok dapat meningkat.
"Kami ingin ikut menggerakkan konsumsi masyarakat Tiongkok. Kalau selama
ini sektor konsumsi baru berkontribusi sekitar 40% terhadap produk
domestik bruto (PDB), melalui event ini bisa meningkat jadi 70%," kata Tsai.
"Dengan konsep baru new retail yang menyatukan belanja online dan offline, kami ingin menjadikan belanja sebagai kegiatan hiburan yang menyenangkan dengan augmented reality," ujarnya.
Augmented reality secara harfiah berarti realitas yang berkembang. Dalam hal ini maksudnya sentuhan virtual dalam toko offline, menyatunya gaya hidup digital dengan pajangan toko offline, bisa belanja barang di toko nyata dengan cara online, dibayar lewat rekening Alipay—sistem pembayaran daring Alibaba Group—barangnya bisa dikirim ke rumah.
Dengan konsep augmented reality itu, kalau gerai-gerai retail konvensional dan modern banyak gulung tikar, Alibaba justru mulai mengembangkan store offline
baru. Seperti supermarket Hema yang dikembangkan Alibaba, kini telah
memiliki 20 gerai di Tiongkok meliputi 13 toko di Shanghai, tiga di
Beijing dan masing-masing satu di Ningbo, Hangzhou, Guiyang, dan
Shenzhen.
Acara 11.11 Global Shopping Festival 2017 tidak terfokus pada diskon harga, tapi kepuasan pelayanan berbelanja sebagai entertainment.
Itu mengikuti peningkatan pendapatan per kapita Tiongkok dari 7.000
dolar AS pada 1999 menjadi 80 ribu dolar AS per kapita dewasa ini.
***http://www.lampost.co/berita-alibaba-hari-belanja-onlinejam-pertama-rp116-triliun
Kata Kunci
Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Minggu, 19 November 2017
Alibaba, Hari Belanja Online Jam Pertama Rp116 Triliun!
Langganan:
Posting Komentar
0 komentar:
Posting Komentar