Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Alibaba, Hari Belanja Online Jam Pertama Rp116 Triliun!

ALIBABA, grup bisnis digital global asal Tiongkok, membuka pesta belanja online 11.11 Global Shopping Festival 2017 di Mercedes Benz Arena, Shanghai, oleh sejumlah artis dunia dari Pharrel Williams hingga mantan bintang sepak bola Portugal, Luis Figo. Pada 12 jam pertama festival itu berhasil meraih penjualan secara global sebesar 17,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp232 triliun.
Event tahunan festival belanja berskala global tersebut dilaksanakan setiap tanggal 11 bulan 11 sejak tahun 2009 oleh Alibaba Group. "Event 11.11 Global Shopping Festival adalah kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pengecer, perusahaan logistik, institusi keuangan, toko online dan offline, serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia. Ini adalah panggung besar untuk menampilkan inisiatif retail baru yang dipelopori oleh Alibaba," ujar CEO Alibaba Group Daniel Zhang saat pembukaan acara (Kompas.com, 11/11).
Vice Chairman & Co-founder Alibaba, Joe Tsai, mengatakan dengan gelaran pesta belanja online ini diharapkan tingkat konsumsi masyarakat Tiongkok dapat meningkat. "Kami ingin ikut menggerakkan konsumsi masyarakat Tiongkok. Kalau selama ini sektor konsumsi baru berkontribusi sekitar 40% terhadap produk domestik bruto (PDB), melalui event ini bisa meningkat jadi 70%," kata Tsai.
"Dengan konsep baru new retail yang menyatukan belanja online dan offline, kami ingin menjadikan belanja sebagai kegiatan hiburan yang menyenangkan dengan augmented reality," ujarnya.
Augmented reality secara harfiah berarti realitas yang berkembang. Dalam hal ini maksudnya sentuhan virtual dalam toko offline, menyatunya gaya hidup digital dengan pajangan toko offline, bisa belanja barang di toko nyata dengan cara online, dibayar lewat rekening Alipay—sistem pembayaran daring Alibaba Group—barangnya bisa dikirim ke rumah.
Dengan konsep augmented reality itu, kalau gerai-gerai retail konvensional dan modern banyak gulung tikar, Alibaba justru mulai mengembangkan store offline baru. Seperti supermarket Hema yang dikembangkan Alibaba, kini telah memiliki 20 gerai di Tiongkok meliputi 13 toko di Shanghai, tiga di Beijing dan masing-masing satu di Ningbo, Hangzhou, Guiyang, dan Shenzhen.
Acara 11.11 Global Shopping Festival 2017 tidak terfokus pada diskon harga, tapi kepuasan pelayanan berbelanja sebagai entertainment. Itu mengikuti peningkatan pendapatan per kapita Tiongkok dari 7.000 dolar AS pada 1999 menjadi 80 ribu dolar AS per kapita dewasa ini.
***http://www.lampost.co/berita-alibaba-hari-belanja-onlinejam-pertama-rp116-triliun

0 komentar: