Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

IPM Lampung Harus Ditarik ke Atas!

Artikel Halaman 8, Lampung Post Selasa 17-12-2019
IPM Lampung Harus Ditarik ke Atas!
H. Bambang Eka Wijaya

INDEKS Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Lampung harus ditarik ke atas dari posisinya yang masih rendah, terendah di Sumatera dengan angka 69,02, di bawah Sumatera Selatan 69,39. Padahal provinsi lain di Sumatera 2018 sudah masuk kategori tinggi, di atas 70,00, mengikuti IPM Nasional 71,39.
Menurut data BPS, hanya Kota Bandarlampung (76,63) dan Kota Metro (76,22) daerah Tingkat II di Lampung yang IPM-nya 2018 telah masuk kategori tinggi. Semua kabupaten lainnya masih karegori rendah.
Yakni, Pesisir Barat (62,96); Tulang Bawang Barat (65,30); Mesuji 62,88; Pringsewu (69,42); Pesawaran 64,97; Tulang Bawang (67,70); Way Kanan (66,63); Lampung Utara (67,17); Lampung Tengah 69,73; Lampung Timur (69,04); Lampung Selatan (67,68); Tanggamus (65,67); Lampung Barat 66,74.
Tampak, perlu upaya khusus untuk menarik ke atas IPM Lampung agar tidak terus tertahan di barisan terbelakang. Salah satu upaya tersebut mungkin dengan Triage Solution.
Model ini dari Perang Dunia I, ketika tentara Prancis banyak terluka padahal ruang rawat, tenaga medis, dan obat serba terbatas. Tentara yang terluka itu dibagi tiga, yang luka ringan, luka sedang, dan luka parah.
Mereka yang luka ringan disuruh mengobati sendiri lukanya. Prioritas perawatan diberikan kepada yang luka sedang, karena dengan perawatan dan obat yang terbatas bisa cepat sembuh dan kembali ke garis depan.
Diterapkan ke IPM kabupaten di Lampung, Pringsewu, Lampung Tengah, dan Lampung Timur tergolong luka ringan. Mereka harus berusaha mengakselerasi sendiri kenaikan skor IPM-nya.
Sedang yang tergolong luka sedang, Tulang Bawang, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Selatan, dan Lampung Barat, diberi dukungan akstra oleh pemprov untuk mengakselerasi kenaikan IPM-nya hingga keluar dari kategori rendah. Maksudnya, memperkuat upaya umum yang dilakukan pemerintah pusat lewat program PKH, BPNT, Kartu Sehat, Kartu Pintar, Beasiswa untuk anak kurang mampu.
Sedang yang luka parah cukup mengefektifkan program pusat dan program lokal dengan APBD kabupatennya untuk mencapai kenaikan gradual.
Upaya akselerasi dengan dana provinsi yang terbatas itu untuk menarik naik ke atas secara keseluruhan IPM Lampung 1,00 poin, hingga IPM Lampung mencapai 70,02, masuk kategori IPM tinggi.
Perlu sentuhan kecil Pemprov dan dukungan APBD semua kabupaten untuk naik ke IPM tinggi. Semata mengandalkan program pemerintah pusat seperti provinsi lain mungkin bisa, tapi di Lampung belum terbukti. ***









0 komentar: