Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

35 Tahun, 'Every Body Business'!

"HARI ini, 10 Agustus 2009, Harian Lampung Post berusia 35 tahun! Bukan hanya dewasa, usia itu juga mengisyaratkan kematangan!" ujar Umar. "Namun, dengan segala kerendahan hati segenap pengasuh mohon maaf ke pembaca, pendukung setia penerbitan ini, atas kualitas Lampung Post yang kedewasaan dan kematangannya belum sepenuhnya mencerminkan usia tersebut!"

"Memang, masih banyak kekurangan yang harus dengan jujur diakui, perlu usaha dan kerja lebih keras lagi untuk terus menyempurnakannya sesuai perkembangan zaman!" sambut Amir. "Maka itu, hari ulang tahun ini layak jadi kesempatan mengevaluasi segala kekurangan, lalu menyegarkan komitmen memperbaikinya! Komitmen terpenting untuk selalu disegarkan adalah pada khitah eksistensial Lampung Post sebagai every body business, milik semua unsur masyarakat bangsa, khususnya warga Lampung!"


"Dengan komitmen every body business itu, Lampung Post tak bisa berumah di atas angin--terminologi Rendra--yang berarti tidak berpihak kepada siapa pun atau apa pun, kecuali pada kebenaran!" tegas Umar. "Prinsip every body business membuat Lampung Post tak bisa hanya berpihak pada kebenaran, karena harus membumi dengan berpihak pada kaum lemah dan teraniaya yang sering justru di posisi serbasalah! Itu bisa dilihat pada posisi pedagang kaki lima yang memacetkan lalu-lintas, atau malah narapidana, yang dengan semangat every body business tetap sebagai stake holder Lampung Post--selalu dijaga dan dihormati kepentingannya!"

"Di lain pihak, berorientasi pada kepentingan share holder, yang mengharuskan Lampung Post sebagai lembaga bisnis, pencari laba dan sumber penghidupan banyak orang, komitmen every body business justru harus konkret implementasinya!" timpal Amir. "Dilihat dari sisi bisnis, suatu usaha penerbitan akan sehat jika didukung pembaca setia! Pembaca akan setia jika media mampu mencerminkan aspirasinya, mengemban dan menjaga kepentingannya baik perorangan maupun kelompok, yang untuk itu mereka beli setiap hari atau langganan sebagai yuran bulanan agar koran tersebut tetap terbit! Hanya berkat dukungan itulah, share holder bisa mengelola peberbitan sebagai usaha bisnis, memberi kesejahteraan karyawan dan mendapat laba!"

"Pilihan pembaca terhadap media yang mewakili aspirasinya itu membuat pemilihan umum lewat pasar (election by market) terjadi setiap hari pada pers!" tegas Umar. "Faktor every body business menjadi titik temu kepentingan share holder dan stake holder, makin luas every body stake holder, semakin aman pula share holder! Terwakilinya segala kepentingan pada Lampung Post, hingga semua berkepentingan pada kehadiran Lampung Post, menjadi ukuran terwujudnya komitmen every body business! Dirgahayu Lampung Post!"

0 komentar: