Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Sopir Omprengan Mobilnya Mogok!

SITI lega, meskipun kemalaman turun dari feri, di Bandar Lampung masih ada omprengan (taksi gelap) mau ke kampungnya. Kelelahan di jalan, Siti tertidur di jok belakang! Saat terbangun Siti tersentak, mobil jalan dengan kursi tempat sopir kosong! Ia menjerit histeris minta tolong! Kaca samping dia duduk diketuk dari luar, di terangnya cahaya bulan terlihat kepala sopirnya! Siti pingsan! Siti tersadar di kursi ruang tamu rumahnya, dikerubuti kerabat dan tetangga! "Kau pingsan!" tutur ibunya mengelus kepala Siti. "Untung sopirnya baik, kau diantar sampai depan pintu rumah yang kau sebutkan dengan tepat letaknya saat tawar-menawar mobil omprengan!" "Sopirnya mana?" tanya Siti, kuduknya bergidik. "Sudah pergi!" jawab ibunya. "Kau sampai rumah dengan selamat, mau apa lagi?" "Sopir itu hantu!" tegas Siti. "Mobilnya berjalan sendiri, kepala sopirnya melayang di luar mobil!"

"Hantu apa menagih uang ongkosnya!" timpal ibu. "Dia tadi cerita, mobilnya mogok! Tapi karena sudah dekat dan di jalan menurun, ia dorong sampai depan rumah! Katanya kau ketakutan, saat dia beri tahu sudah dekat! Dan kau pingsan!" "Mobilnya mogok kok bisa cepat pergi?" kejar Siti. "Kuperiksa, kepala baterai kendor, mungkin akibat goncangan jalan rusak!" jelas abang Siti. "Setelah bautnya dikencangkan bisa jalan lagi!" "Masak sopir tak tahu kerusakan mobilnya, hingga dia dorong sejauh itu?" entak Siti. "Sedang susah cari pekerjaan, asal bisa dapat duit tak ahli pun dilakoni saja!" jawab abang.

"Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) di provinsi ini naik 0,54%, dari 5,24% pada Februari 2011 menjadi 5,78% pada Agustus 2011." "Tapi laporan akhir tahun Pemprov menyebut 2011 pengangguran turun signifikan?" tukas Siti. "Pemprov punya data sendiri! BPS mencatat soal angkatan kerja setiap enam bulan, Agustus dan Februari! Jadi, angka year on year (yoy) BPS tunggu Februari!" ujar abang. "TPT itu seiring tingkat partisipasi angkatan kerja yang turun 3,13%, dari 71,13% di Februari 2011 menjadi 68,0% pada Agustus 2011." "Angka absolut persentase itu berapa?" tanya Siti. "Dari total angkatan kerja di Lampung Agustus 2011 sebesar 3,7 juta orang, yang bekerja 3.482 ribu orang, turun 164 ribu orang dibanding yang bekerja pada Februari 2011 sebesar 3.646 ribu orang!" jelas abang. "Di antara yang tersisih itu pekerja bebas sektor pertanian, turun 7,14%! Menyempitnya kesempatan bagi pekerja bebas sektor pertanian merisaukan, sebab itu terminal paling ujung di tepi jurang pengangguran!" ***

0 komentar: