Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Mengatasi Involusi Bumi!

"BUMI kita ini pesawat antariksa yang terbang mengitari matahari dengan kecepatan 107.218 km per jam, sambil berputar di sumbunya 1674 km per jam!" ujar Umar. "Sebagai penjelajah semesta jagat raya, bumi mengalami involusi dalam memenuhi kebutuhan 5 milyar manusia penumpangnya--beban jumlah manusianya terus bertambah sedang persediaan kebutuhan yang harus dicukupi justru terus berkurang!" 

"Artinya manusia perlu diingatkan, bumi punya keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan para penumpangnya!" tegas Umar. "Kedua, dalam kecepatan gerak melaju dan berputar setinggi itu--bandingkan kecepatan pesawat 500 sampai 1000 km per jam--niscaya perubahan di bumi amat mudah terjadi! Apalagi bumi selain melaju ke depan juga berputar--sentrifugal!"

"Belum lagi bumi juga punya ketergantungan pada planet lain, seperti panas dari matahari! Suatu gempa di matahari akibatnya bisa fatal di bumi!" tukas Umar. "Karena itu, usaha untuk mengatasi involusi bumi harus dilakukan secara komprehensif, berbagai dimensinya berjalan seksama--setiap penumpang berbuat yang terbaik dari sisi yang bisa dilakukan dirinya untuk menjaga dan memperbaiki bumi dari kerusakan!" 

"Perubahan iklim dengan cuaca eksteemnya bisa lebih buruk lagi jika usaha itu hanya dilakukan sehari dalam setahun--saat upacara Hari Bumi! Sedang pada hari lainnya, kebiasaan buruk merusak lingkungan jalan terus!" timpal Amir. "Seperti seremoni menanam pohon yang dilakukan setahun sekali, nasib selanjutnya pohon yang ditanam tak mendapat perhatian semestinya! Akibatnya, di balik catatan sekian ratus ribu pohon yang telah ditanam, audit berapa yang benar-benar hidup tak pernah dilaporkan ke publik! Dan realitas lingkungan alamnya, terasa tetap kurang nyaman!" 

"Memang cukup terasa koordinasi mengatasi involusi bumi masih kurang efektif!" tegas Umar. "Semua kerja sendiri-sendiri, kalau sesekali kerja bareng kontinuitas koordinasinya kurang terpadu! Pengorganisasian kegiatan secara komprehensif dan berkelanjutan itulah yang perlu dimantapkan ke depan! Sehingga, bisa lebih efektif arti kegiatan menjaga bumi agar tetap mampu meningkatkan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan penumpangnya yang terus bertambah dalam penerbangan berkecepatan amat tinggi itu!" ***

0 komentar: