Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Semua Penumpang Lion Selamat!

"ALHAMDULILLAH!" ujar Umar. "101 penumpang dan 7 awak Lion Air JT 904 Bandung—Denpasar yang tergelincir ke laut gagal landing dengan badan pesawat terbelah dekat Bandara Ngurah Rai Sabtu sore, semua selamat!" "Segala puji, hanya atas pertolongan-Nya semua penumpang kecelakaan dengan badan pesawat terbelah begitu bisa selamat!" timpal Amir. 

"Apa pun penyebab kecelakaan pesawat Boeing 737 seri 800 New Generation itu, secara keseluruhan prosesnya—sejak gagal mendarat sampai usai evakuasi—mengandung hikmah yang menjadi pelajaran secara universal!" "Hikmahnya bisa bersifat universal, karena dalam kecelakaan hingga badan pesawat terbelah semua penumpang dan awak selamat begitu merupakan peristiwa langka di dunia!" tukas Umar.

"Barang siapa yang berhasil menarik hikmah dari peristiwa itu, berarti ia mendapat hidayah—pengetahuan baru yang berguna sebagai pelajaran bersama umat manusia! Utamanya hikmah di balik kekuatan gaib pertolongan-Nya yang luar biasa itu!" 

"Semua itu jelas tak terlepas dari ikhtiar yang dilakukan pihak penerbangan, penumpang, dan kesiapan petugas di Bandara Ngurah Rai dalam merespons kondisi darurat!" timpal Amir. "Ada hal sepele, tapi mungkin hanya Lion Air yang berikhtiar menyediakannya di kantung depan penumpang duduk, yakni selembar cetakan di plastik keras panduan bacaan doa perjalanan untuk berbagai agama (untuk Islam, Allahuma majreeha wa mursaha... dan seterusnya). 

Namanya ikhtiar, manusia hanya bisa berusaha, hasilnya Tuhan yang menentukan!" "Tentu, yang terbaik adalah manusia berusaha komprehensif!" tegas Umar. "Semua dimensi disiapkan sebaik mungkin, dari dimensi gaib sampai hal-hal yang bersifat sangat teknis, diikhtiarkan lengkap antisipasinya, sehingga ketika kemungkinan terburuk di luar kuasa manusia terjadi, semua antisipasi itu mekanismenya bekerja seperti diharapkan!" 

"Hikmah pertama tentu berlaku pada semua maskapai penerbangan, untuk meningkatkan cek dan ricek semua peranti teknis dan pelayanan agar bisa dipastikan bekerja semestinya!" timpal Umar. "Persiapan prima dalam semua dimensi itu bisa membantu mengatasi turbulensi yang tidak betul-betul fatal! Sebaliknya, persiapan yang kurang, gejala turbulensi ringan pun bisa jadi fatal!" ***

0 komentar: