Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Pesan Terakhir Uje, 'Kembali!'

"INNALILLAHI wa innailaihi rojiun! Ustaz Jefri Buchori, akrab disapa Uje, Jumat dini hari wafat akibat kecelakaan motor di Pondok Indah, Jakarta!" ujar Umar. "Menurut Republika Online (26-4), Uje menulis pesan terakhir di akun media sosial android path, 'pada akhirnya, semua akan menemukan yang namanya titik jenuh.. dan pada saat itu.. kembali adalah yang terbaik.. kepada siapa? Kepada DIA pastinya. Bismi_KA Allohumma ahya wa amuut..." 

"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati! Begitu kurang lebih terjemahan kalimat akhir tersebut yang juga merupakan doa menjelang tidur!" sambut Amir. "Pesan terakhir Uje itu tentu penting bagi yang masih sempat menjalankan pesannya, yakni yang masih hidup--agar ketika jenuh kembali ke jalan hidup yang diridai-Nya!"

"Pesan Uje itu amat relevan dengan realitas hidup masyarakat bangsa kita yang sudah dilukiskan banyak orang pintar sebagai zaman edan, yang tidak ikut edan tidak kebagian--yen ora edan ora kumanan1" tegas Umar. 

"Istilah yang dipinjam dari khasanah pujangga Jawa Ronggowarsito itu menggambarkan zaman edan terjadi karena kalangan yang berkuasa milik nggendong lali--keinginannya membuat lupa diri! Realitasnya menggelinding dalam kehidupan sehari-hari, para pemimpin digiring beramai-ramai dalam barisan koruptor!" 

"Dengan mengingat pesan Uje, setidaknya baca doa setiap menjelang tidur dengan menghayati maknanya, lantas introspeksi apa yang telah dilakukan seharian itu dikoreksi esoknya, orang tidak hanyut dalam arus zaman edan yang luar biasa deras dan ganas!" timpal Amir. 

"Tentu pesan Uje itu lebih efektif bagi orang-orang yang belum terlalu jauh hanyut dalam pola hidup zaman edan! Sebaliknya mungkin kurang mendapat perhatian dari mereka yang justru merupakan sutradara dari lakon-lakon zaman edan yang terlanjur asyik dimainkan sebagian warga--khususnya yang sedang mendapat kesempatan bermain-main kekuasaan!" 

"Dengan bahasa dakwah Uje yang akrab pada kaum muda, pesan Uje itu amat efektif bagi membangun barisan antikorupsi, sekaligus barisan amar makruf nahi mungkar ke masa depan!" tegas Umar. "Semoga semua dakwah Uje menjadi ilmu yang berguna, memandu warga bangsa ke jalan yang diridai-Nya!" ***

0 komentar: