Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Arafah, Nuansa Padang Mahsyar!

"WUKUF di Arafah 9 Zulhijah, 14 Oktober 2013, merupakan inti ibadah haji. Tak ada haji tanpa Arafah!" ujar Umar. 

"Untuk itu, lebih tiga juta jemaah haji dari seluruh dunia hari ini menuju Arafah memakai ihram, kain putih tak dijahit—sejenis kain kafan! Arafah memang gambaran Padang Mahsyar, tempat semua manusia kelak dikumpulkan, lalu dinilai amal baik-buruknya untuk ditentukan masuk surga atau neraka!"

"Arafah bernuansa akhirat, jemaah selayak di Mahsyar, agar merenungi dan siap menghadapi hal sama nanti!" timpal Amir. "Pikiran jemaah fokus memuja Kemahabesaran Allah dengan asmaul husna-Nya, membentang semua dosa di hadapan-Nya untuk pasrah diri dan mohon ampunan-Nya! 

Pengakuan jujur dan ikhlas tanpa sombong dan takabur di hadapan Allah saat wukuf, menjadi puncak amalan haji!" "Saat itu di langit Arafah Allah swt. memanggil para malaikat, membanggakan umat-Nya yang wukuf!" tegas Umar. 

"Pada sebuah hadis qudsi disebutkan Allah berfirman, 'Lihatlah hamba-Ku di Arafah yang lesu dan berdebu. Mereka datang dari segala penjuru dunia memohon rahmat-Ku sekalipun mereka tak melihat-Ku! Mereka minta perlindungan dari azab-Ku, sekalipun mereka tidak melihat Aku!" 

"Allah amat memuliakan hari wukuf di Arafah!" timpal Amir. "Nabi saw. bersabda, 'Ia (Allah) mendekat pada orang-orang yang di Arafah. Dengan bangga menanya para malaikat, Apa yang diinginkan orang-orang yang sedang wukuf itu?' 

Pada hari itu Allah senang jika mereka berdoa kepada-Nya! Ia kabulkan semua doa mereka. Kata Rasul saw., 'Dari berbagai jenis dosa, ada dosa yang tidak akan tertebus kecuali dengan melakukan wukuf di Arafah!" "Bahkan Al Khatib dalam kitab Al-Muttafaq wal Mutfaraq (Wikipedia) menulis, Allah murka ketika manusia tidak yakin dosanya diampuni di Arafah!" tegas Umar. "Rasul saw. bersabda, 

Yang paling besar dosanya di antara manusia adalah seseorang yang berwukuf di Arafah lalu berprasangka Allah tidak memberinya ampun! Allah tanya para malaikat, apa balasan (bagi) hamba-Ku ini, ia bertasbih pada-Ku, ia bertahlil pada-Ku, ia bertakbir pada-Ku, ia mengenali-Ku, ia memuji-Ku, ia berselawat pada nabi-Ku! Wahai para malaikat-Ku, saksikanlah Aku telah mengampuninya!

Aku beri safaat padanya! Jika hamba-Ku meminta tentu akan Kuberikan untuk semua yang wukuf di Arafah ini!" ***

0 komentar: