Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Tanah Pagardewa Jadi Kota Baru!

"TANAH seluas 1.580 hektare di Pagardewa, Tulangbawang Barat, disepakati sebagai pengganti tukar guling tanah seluas sama di Register 40 Jatiagung, Lampung Selatan, yang oleh Pemprov Lampung dijadikan kota baru!" ujar Umar. "Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan itu Kamis di Bandar Lampung. Kepala Dinas Kehutanan Lampung Syaiful Bachri memperjelas kesepakatan itu hanya atas tanah register, di luar tanah PTPN 7." 

"Tukar guling begitu kan berarti tanah dari Pagardewa yang dijadikan kota baru, sedang tanah register dialihkan ke Pagardewa?" timpal Amir. "Bangga dong warga Pagardewa karena secara prinsip tanah kampungnya yang jadi kota baru, satelit Bandar Lampung!" "Secara prinsip begitu!" tegas Umar.

"Tapi lebih penting lagi Kementerian Kehutanan segera menjadikan lahan pengganti di Pagardewa itu sebagai hutan desa setempat agar tak keburu dirambah pendatang yang tak jelas haknya! Dengan lahan itu jadi hutan desa yang dikelola warga desanya, manfaat bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat diharap bisa terwujud!" "Itu idealnya!" sambut Amir. 

"Di sisi lain, dengan telah adanya kepastian status tanah kota baru, Pemprov bisa memplot anggaran buat membangunnya sehingga pembangunan fisiknya tak tertunda-tunda lagi!" "Paling tidak bisa disiapkan lebih dulu berbagai infrastruktur dasar, jalan-jalan utama, saluran induk air buangan, jaringan bawah tanah listrik, gas, telepon, dan sebagainya!" tegas Umar. 

"Suatu infrastruktur yang bisa mengakomodasi perkembangan kota jangka panjang ke depan agar tidak ujug-ujug harus bongkar pasang melulu!" "Pokoknya sebuah rancang bangun kota yang benar-benar visioner, keseluruhan bangunan utamanya mencirikan sifat futuristiknya!" ujar Amir. 

"Karena Kota Bandar Lampung sendiri belakangan cenderung berkembang menjadi kota kotak sabun dengan kepesatan tumbuh bangunan ruko di setiap sisi jalannya, sebab itu perencanaan kota baru yang membuat suasana berbeda tak bisa ditawar!" 

"Memang, mumpung masih dalam rancangan, kecenderungan arah perkembangan negatif nantinya harus disiapkan penangkalnya sejak awal!" tegas Umar. 

"Tak kalah pentingnya konsep menjadikan kota baru sebagai green city yang indah dan segar!"

 http://lampost.co/berita/tanah-pagardewa-jadi-kota-baru-

0 komentar: