Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Kapolri Baru, Tantangan Lama!


"KOMJEN Sutarman dilantik jadi Kapolri di Istana Negara, Jumat (25-10), tapi justru tantangan lama menghadang yang gagal diselesaikan Kapolri-Kapolri sebelumnya, yakni menaikkan citra Polri di mata masyarakat!" ujar Umar. 

"Hingga zaman Timur Pradopo yang digantikan Sutarman, akibat rendahnya citra Polri di mata masyarakat, markas Polri masih menjadi sasaran utama amuk massa!" "Memang, seperti priode Januari-Juni 2013 saja 58 fasilitas Polri dirusak dan dibakar massa dalam 14 peristiwa konflik!" (ROL 25-10) timpal Amir.

"Konyolnya, kebanyakan konflik tersebut sebenarnya bukan menyangkut Polri, tetapi terkait pihak-pihak lain! Seperti di Musi Rawas, Sumsel, tuntutan pemekaran kabupaten! Tapi yang dibakar massa justru dua Mapolsek!" 

"Itu terjadi karena citra Polri yang rendah, hingga dianggap sasaran empuk pelampiasan amarah massa!" tukas Umar. "Coba kalau citra dan wibawa lembaganya tinggi, untuk dekat-dekat saja segan--apalagi merusaknya!" "Titik lemah Polri itu belakangan juga diincar teroris, hingga jika sebelumnya melakukan serangan acak ke masyarakat jadi fokus dan selektif kepada anggota polisi yang sedang bertugas!" lanjut Amir. 

"Modus ini awalnya sebagai balas dendam teroris di Solo dan Poso, tapi kini jadi alternatif di Jabodetabek! Sejauh ini Polri belum berhasil menggulung teroris yang menewaskan banyak anggota Polri ini!" "Sisi lain yang menambah terpuruknya citra Polri, penentangan lembaganya terhadap KPK sejak konflik Cicak versus Buaya di zaman Konjen Susno Duadji sebagai Kabareskrim!" tegas Umar. 

"Gejala itu masih ada sampai era Sutarman sebagai Kabareskrim dalam episoda KPK menggeledah kantor Irjen Djoko Susilo, tersangka korupsi Simulator SIM!" "Untuk itu Sutarman memberi janji yang tepat saat uji kepatutan di DPR! Yakni, reformasi internal di tubuh Polri dan netralitas Polri dalam Pemilu 2014, serta Polri sepenuhnya mendukung KPK!" timpal Amir. 

"Polri akan mengirim penyidik terbaiknya ke KPK, serta mendukung hal-hal lain yang dibutuhkan KPK terutama kerjasama saat kasus yang ditangani KPK melibatkan polisi! Tentu banyak hal lagi yang harus ditanganinya untuk menyelesaikan tantangan lama, menaikkan citra Polri!" ***

0 komentar: