Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Praduga Kecurangan Seleksi CPNSD!


"DALAM benak banyak warga berkerak praduga selalu terjadi kecurangan pada proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah—CPNSD!" ujar Umar. "Praduga itu jelas tak sehat! Karena itu, perlu usaha menghilangkan praduga tersebut agar pandangan warga yang sinis dan negatif terhadap seleksi CPNSD berubah menjadi positif!" "Usaha untuk menghilangkan praduga itu sebenarnya sudah dilakukan maksimal!" timpal Umar. 

"Antara lain lewat menyerahkan proses seleksi tertulis penerimaannya pada lembaga independen, seperti perguruan tinggi yang punya kredibilitas tinggi, bukan saja perguruan tinggi lokal, melainkan juga nasional! Namun, nyatanya, praduga itu tetap menyelimuti proses seleksi CPNSD!"

"Mungkin karena penyerahan seleksinya tidak menyeluruh dari pendaftaran sampai pengumuman hasilnya, tetapi hasil seleksi oleh perguruan tinggi itu diserahkan lagi kepada instansi terkait di pemerintahan daerah!" tukas Umar, "Sempat alih tangan dari lembaga independen ke instansi pemerintah itu yang bisa dicurigai menjadi peluang kecurangan!" 

"Konon lagi ada pengalaman, pada hari jadwal pengumumannya, koran yang memuat hasil seleksi terlambat terbit beberapa jam akibat penyerahan materi dari panitia seleksi daerah mundur beberapa jam!" timpal Amir. "Kemunduran beberapa jam penyerahan materi hasil seleksi itu pun dicurigai sebagai usaha curi waktu untuk kocok ulang memasukkan nama-nama sesuai kepentingan tertentu! 

Jadi, praduga itu ditopang prasangka lain lagi, pelaksanaan seleksi yang diserahkan kepada lembaga independen itu sekadar topeng untuk menyelubungi kecurangan seleksi CPNSD yang sudah mentradisi di instansi itu!" 

"Kalau penundaan terbit pengumuman beberapa jam saja sudah dicurigai begitu, apalagi kali ini penundaan pengumuman hasil seleksi CPNSD se-Lampung sampai beberapa hari!" kata Umar. "Dijadwalkan semula Senin 23 Desember, ditunda sampai Jumat 27 Desember! Menurut logika dari praduga itu, penundaan 
sedemikian lama itu bisa memberi kesempatan untuk kocok ulang berulang-ulang sampai benar-benar puas!"  
"Penundaan pengumuman hasil seleksi CPNSD sampai sedemikian lama itu cukup disesalkan karena kurang sejalan dengan usaha menghapus praduga negatif proses seleksi penerimaan CPNSD!" tegas Amir. "Alih-alih menghapus praduga negatif seleksi penerimaan CPNSD, penundaan selama itu justru menjadi pembenar yang kuat praduga adanya kecurangan!"

0 komentar: