Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Lampung Memilih, Ridho Gubernur!


"HASIL hitung cepat sejumlah lembaga independen terhadap Pemilihan Gubernur Lampung menempatkan pasangan Ridho-Bachtiar menang dengan perolehan suara pada kisaran 44%," ujar Umar. "Meski belum resmi, kemenangan itu posisinya cukup kuat, meninggalkan pesaing terdekatnya pasangan Herman-Zainuddin lebih 10%, dengan suara pada kisaran 33%." 

"Penyatuan pilgub dan pemilu legislatif terbukti membuat persaingan pilgub terendam kesibukan pileg!" timpal Amir. "Saat mengikuti penghitungan suara di TPS, untuk pilgub yang umumnya dilakukan bakda magrib, ketika itu para petugas TPS dan saksi sudah kelelahan, warga jadi menahan diri dari emosinya! Seusai itu, warga bubar dengan tenang!" "Dan Lampung telah memilih Muhammad Ridho Ficardo, lahir 20 Juli 1980, sebagai gubernur!" tegas Umar.

"Pilihan yang luar biasa karena Ridho yang baru berusia 34 tahun dipilih lewat suara terbanyak dari 5.883.089 orang yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT). Ridho diberi kepercayaan untuk memimpin provinsi dengan penduduk sekitar 8 juta jiwa!" 

"Dengan adagium vox populi vok Dei—suara rakyat suara Tuhan—pilihan suara terbanyak itu harus diasumsikan yang terbaik—sebab hal itu tak lepas dari campur tangan Tuhan!" ujar Amir. "Jadi, soal usia itu bukan masalah! Kematangan tidak selalu tergantung usia! Dalam demokrasi justru sering suara kaum muda lebih kena dalam mengantisipasi zamannya, sehingga pandangan kaum muda—meski disampaikan lewat protes—yang kemudian jadi kenyataan!" 

"Lagi pula, dalam budaya politik modern, kearifan itu selalu buah dari proses demokrasi!" kata Umar. "Karena itu, setiap pelaku dalam budaya politik disebut aktor untuk menjabarkan segala yang bersifat teoretikal lewat suatu proses teatrikal—dialog! 

Dan itulah model formal kepemimpinan publik Indonesia, rakyat dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan!" "Jadi sudah bukan zamannya lagi bicara kearifan dalam kepemimpinan publik sebagai produk one man show!" tukas Amir. 

"Dalam perspektif demokrasi, kaum muda memang lebih cair! Untuk itu, pilihan warga Lampung pada gubernur termuda justru sesuai tuntutan zaman!" "Dalam perspektif kepemimpinan model budaya politik itu, kuncinya semangat keterbukaan pada Ridho, yang harus siap menerima masukan dan kritik!" tegas Umar. "Beda dengan pemimpin tua yang suka one man show, antikritik, tertutup—encapsulated autoritarian!"

0 komentar: