Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Menyapu Bersih Mafia Migas!

PEMERINTAH membentuk Tim Reformasi Tata Kelola Migas dipimpin Faisal Basri untuk membenahi institusi di sektor minyak dan gas bumi guna mewujudkan kedaulatan energi dan institusi yang bersih. Menjadi tugas tim untuk menyapu bersih mata rantai mafia dari penguasaan mereka atas perdagangan dan industri di sektor minyak dan gas bumi. 

Menurut Menteri ESDM Sudirman Said, tim akan mengkaji seluruh proses perizinan sektor migas dari hulu ke hilir, menata ulang kelembagaan pengelolaan migas, mempercepat revisi UU No. 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, serta memperbaiki proses bisnis untuk mencegah pemburu rente dalam setiap rantai bisnis migas. (Kompas, 17/11)

"Para pemburu rente inilah yang disebut mafia migas!" tegas Sudirman. "Mereka memiliki kedekatan dan pengaruh terhadap pejabat tinggi dan pengambil keputusan sehingga berdampak pada tidak optimalnya produksi migas. Itu yang harus dicegah."

Akibat perbuatan mafia migas itu, tambah Sudirman, produksi migas dalam negeri tidak optimal, menyebabkan pemborosan, ekonomi biaya tinggi pada penyediaan migas. Situasi itu diperburuk dengan lemahnya peraturan yang ada. 

Pembentukan tim reformasi tata kelola migas ini jelas menggembirakan rakyat. Sekaligus menerbitkan harapan, semua hasil pengelolaan kekayaan alam negara yang selama ini dinikmati untuk sebesar-besarnya kemakmuran mafia beserta para pejabat tinggi kroninya, bisa dikembalikan ke jalur konstitusi untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat! 

Dengan pengelolaan yang benar-benar efektif dan efisien hasil pembenahan tim reformasi itu nantinya, harapan itu tidak berlebihan. Contohnya kebijakan Menteri ESDM baru membeli minyak bumi langsung dari produsen di Angola, Afrika, selisih harga triliunan rupiah bisa dihemat dibanding dengan pembelian lewat para pemasok yang selama ini dikoordinasi anak perusahaan Pertamina di Singapura. 

Kalau setiap sendi dari hulu ke hilir pengelolaan bisnis migas selesai dibersihkan tim dari stelsel mafia, banyak buah keefektifan dan keefisienan manajemen bisa dinikmati rakyat! Artinya, selain yang sudah ada bermanfaat optimal, dengan tata kelola yang baik itu prospek-prospek baru juga terbuka. 

Sehingga, sektor minyak dan gas bumi bisa tampil sebagai andalan bangsa dalam persaingan di tingkat global! Dengan riwayat mafia tamat, ekonomi negara semakin kuat, kesejahteraan rakyat pun bisa terus meningkat! ***

0 komentar: