Kata Kunci

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani

Transaksi Barang Bekas OLX Rp25 Triliun/Bulan!

OLX, bisnis iklan baris digital untuk jual-beli barang bekas, ternyata transaksinya mencapai sebesar Rp25 triliun setiap bulan.
"Nilai ekonominya mencapai Rp25 triliun per bulan, transaksinya, data dari setahun terakhir. Itu rupiah yang berpindah dari satu pihak ke pihak lain," kata Chief of Operation and Data Science Officer OLX, Doan Siscus Lingga (Kompas.com, 6/12/2017).
Menurut Doan, nilai transaksi itu dihasilkan oleh 20 juta pengguna OLX setiap bulan. Dari total 20 juta pengguna itu, angka semakin berkembang dari hari ke hari dengan munculnya rata-rata satu juta penjual baru yang beriklan serta 3,5 juta iklan yang hilir mudik di server OLX.
Dengan nilai transaksi yang tembus puluhan triliun rupiah itu, Doan menceritakan OLX menerima pendapatan dari pengguna fitur-fitur berbayar. Namun, pengguna fitur berbayar baru 3% sampai 4% dari total penjual di OLX sampai akhir tahun ini.
"Sama pendapatan dari kuota iklan gratis, misalkan pasang lima iklan, tiga iklan gratis. Ada sedikit banner berbayar, tapi itu enggak signifikan. Kami ingin charge pengguna ketika mereka mendapatkan value dari apa yang dilakukan di OLX, karena kami bantu barang bekas terjual lebih cepat," kata Doan.
Nilai transaksi di OLX diyakini akan semakin tinggi dalam beberapa tahun ke depan. Hal itu disebabkan semakin tingginya pengguna internet dan kebutuhan akan iklan baris yang semakin banyak, ditambah dengan beralihnya mereka yang beriklan baris di media cetak ke iklan baris digital.
Kehadiran iklan baris OLX amat membantu masyarakat karena bisa membantu terjual barang bekas yang tak lagi dia pergunakan, tapi dibutuhkan orang lain. Harga jualnya juga laku relatif lebih baik, ketimbang dijual kepada pengumpul barang rongsokan. Sedang bagi pembeli yang membutuhkan barang tersebut, membeli langsung dari pemilik barang bekas relatif lebih murah ketimbang membeli lewat agen, atau apa lagi membeli yang baru.
Berdasar hasil penelitian CAN Research, tahun 2020 menjadi puncak dari iklan baris digital. Dalam arti, jumlah penggunanya akan jauh lebih banyak. Untuk itu, para pemain di bidang itu, seperti OLX, harus melakukan inovasi untuk melayani tingginya kebutuhan tersebut.
Semakin tingginya pengguna iklan baris digital, jumlahnya pada tingkat nasional seperti OLX semakin besar, membuka peluang usaha sejenis untuk tingkat lokal, pelayanannya terbatas di satu kota atau kabupaten, penjual dan pembeli jadi lebih dekat. *

1 komentar:

21 Februari 2018 pukul 22.48 Unknown mengatakan...

Assalamualaikum siapa tau bisa membantu anda. Dan aku mau cerita kisah nyata dalam kesuksesan aku selama ini. Aku dulu anak petani 3 bersaudara aku anak ke 3, 3tahun lalu orang tuaku pusing karna banyak hutangnya gara-gara aku di sekolahkan sampai lulus kuliah, tapi aku diam2 mencari cara supaya semua hutang orang tuaku bisa terlunasi. Waktu itu aku buka-buka facebook aku dapat website https://pesugihanputihislamia.blogspot.com. aku buka di google. Alhamdulillah sekarang orang tuaku tidak punya beban lagi sama orang. Awalnya memang takut hubungi nomer beliau karna kata orang larangan agama. Setelah dengar arahan mbah suroto ternyata bukan juga jalan sesat. Tergantung keyakinan dan kepercayaan saja. Banyak pilihan di berikan yaitu Dana Hibah, penglaris usaha dagan, dana ghaib, anka ghaib togel, jampi pelet, dll tergantung dari keyakinan kita juga dan tidak ada namanya tumbal. Mungkin ada teman mau hubungi langsung beliau ini nomer WhatsApp nya 0822 9127 7145 terima kasih..